logo blog

Wow !, Inilah 6 Kotoran yang dijadikan makanan Favorit Dunia


Makanan memang banyak jenis nya yang berasal dari hewan, namun bagaimana jika makanan dan minuman itu terbuat dari kotoran hewan? Berikut ini dikutip dari unikgaul.com adalah Wow !, Inilah 6 Kotoran yang dijadikan makanan Favorit di dunia.

1. Semut madu
Favorit Dunia
Selain lebah ada juga semut yang mampu menghasilkan madu, Semut Madu (Honey Pot Ant) atau bahasa latinnya Myrmecocystus, semut-semut ini diberi makan oleh semut pekerja dengan buangan pencernaan Aphid (Serangga Daun) yang disebut “madu”. Zat ini sebenarnya tidak berkaitan dengan madu biasa. Akan tetapi, buangan pencernaan kutu ini yang memakan getah tumbuhan dinamai demikian karena mengandung gula dalam kadar tinggi. Jenis semut ini banyak ditemukan di australia, dimana suku aborigin sering menggali tanah untuk mencari madu semut ini.

2. burung walet
Dunia
Siapa sih yang belum pernah mendengar sarang burung walet? Seperti yang sudah kita ketahui, sarang burung walet yang asli harganya mahal banget. Dan yang sampai sekarang kita ketahui juga kalau harga sarang burung walet itu mahal mencapai 20 juta / kilonya, tetapi sekarang sudah turun harga dan tidak mencapa 5 juta. Umumnya, sarang burung walet disajikan dalam bentuk sup. Dan dapat kita temukan di restoran – restoran Cina.

Sebenarnya, pengkonsumsian sarang burung walet ini bukanlah hal yang baru. Malah, sudah sejak abad 14, sarang burung ini dimanfaatkan sebagai makanan. Di Cina, sup sarang burung walet (birdnest soup) merupakan makanan favorit para raja dan bangsawan. Dan menurut cerita yang masih beredar sampe sekarang kaisar Ming sangat menggemari sup yang satu ini. Mungkin karena cerita atau mitosnya itulah, maka sup sarang burung walet dijadikan simbol makanan yang mewah dan bergengsi dan sangat mahal harganya. Tetapi selain itu kabarnya sarang burung walet juga sangat bagus untuk kesehatan.

3. Luwak/musang
luwak
Hewan satu ini gemar makan kopi, karena kopi sangat keras maka hanya kulitnya saja yang dicerna oleh hewan ini sedang bijinya akan tetap utuh. Mengenai asal mula penemuan kopi luwak adalah dulu saat jaman penjajahan semua hasil panen kopi harus diserahkan ke belanda sehingga petani gak boleh minum kopi. Para nenek moyang kita mengambil kotoran dari luwak ini untuk dipilih kopinya, dan ternyata rasa kopi kotoran luwak ini lebih nikmat.

4. Panda
panda
Panda betul-betul binatang pembawa berkah bagi rakyat Cina. Seorang mantan guru yang memanfaatkan kotoran panda untuk bertani teh menghasilkan tanaman mutu tinggi. Produk yang dibanderol sebagai ‘teh organik kotoran panda’ ini diburu orang kendati harganya hingga USD 200 (setara Rp 1,9 juta) percangkir. An Yanshi, yang kini menjadi seorang pengusaha di barat daya Cina, bertani teh di Ya’an, pegunungan di provinsi Sichuan menggunakan berton-ton kotoran dari panda yang hidup di pusat-pusat penangkaran di dekatnya.

Angkatan pertama teh kotoran panda dijual sebanyak 50 gram. Kebanyakan orang menggunakan sekitar 3 gram teh per cangkir. “Saya berterima kasih kepada langit dan bumi untuk memberkati kita dengan teh panda,” kata pria 41 tahun itu dalam sebuah acara akhir pekan untuk mempromosikan tehnya. “Saya hanya ingin menyampaikan kepada masyarakat dunia pesan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang berguna, dan mentradisikan budaya daur ulang serta penggunaan pupuk organik.

Menurut An, kotoran panda sangat menyuburkan dan aman. Pasalnya, panda hanya makan bambu liar dan menyerap hanya sebagian kecil dari nutrisi dalam makanan mereka. “Mereka seperti mesin yang berputar, dan yang dikeluarnya adalah pupuk organik,” katanya. “Mereka terus makan dan mereka terus memproduksi kotoran.”

5. Kopi Gajah
gajah
Kopi ini berasal dari sisa sisa pencernaan gajah. penemu kopi ini adalah Blake dinkin..dimana saat kotoran gajah ada yang bercampur kopi dipunguti. Dia menjelaskan bahwa diperlukan 33 Kg kopi mentah untuk menghasilkan 1 kg kopi gajah.karena sangat kuatnya pencernaan gajah sehingga banyak kopi yang hancur.Harga perkilo dari kopi ini mencapai 10 juta.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib