logo blog

6 Lanskap Laut Indah dan Unik di Dunia


Ketika disebutkan kata ‘laut’, maka yang terlintas dipikiran kita adalah air warna biru tak berujung yang menyentuh langit di cakrawala. Namun, hamparan lautan tak selamanya monoton seperti itu. Selain pulau-pulau biasa, semenanjung dan terumbu karang yang biasa kita lihat di hamparan laut, ada beberapa pemandangan laut yang cukup unik sekaligus indah di dunia.

1. Tempat Pertemuan Samudra Atlantik
dan Laut Karibia di Eleuthera Island, Bahama
6 Lanskap Laut Indah dan Unik di Dunia
Eleuthera adalah salah satu dari beberapa pulau yang terletak di Bahama, sekitar 80km timur dari ibukotanya, Nassau. Panjang pulau ini sekitar 180km lebarnya hanya sekitar 1,6 km ( 1mi ) di tempat terlebarnya. Air biru muda Laut Karibia dangkal di salah satu sisi pulau menonjol dalam kontras dengan birunya Samudera Atlantik yang dalamnya hingga ribuan kaki. Salah satu tempat terbaik untuk melihat kontrasnya warna laut yang luar biasa ini adalah di Jembatan Glass Window Bridge.

Jembatan ini adalah salah satu dari beberapa tempat di bumi di mana Anda dapat membandingkan birunya Samudra Atlantik di satu sisi jalan dan perairan hijau pirus dari Laut Karibia di sisi lain, yang dipisahkan oleh strip batu yang hanya 10m lebarnya. Diatas jembatan batu alami, jembatan beton telah dibangun yang menghubungkan titik-titik utara dan selatan Eleuthera oleh jalan beraspal. Jembatan Glass Window adalah salah satu tempat yang paling sering dikunjungi di pulau itu.

Selama berabad-abad, ada jembatan batu sebagai penghubung alami antara utara dan selatan Eleuthera. Kemudian pada tahun 1940-an, beberapa badai yang datang berturut-turut, menghancurkan jembatan alam tersebut dan jembatan beton dibangun sebagai pengganti. Selama beberapa dekade, jembatan ini tetap fungsional dengan perbaikan berkala, namun badai tahun 1992 dan 1999 menyebabkan kerusakan yang signifikan pada jembatan. Setelah Badai Floyd 1999, praktis tidak ada yang asli lagi dari jembatan Glasgow Window ini. Meskipun jembatan itu diperbaiki dan jalan Queen Highway kembali terhubung dalam beberapa bulan, geografi Eleuthera berubah selamanya. Bahkan setelah satu dekade, para pekerja tetap sibuk memperkuat garis pantai untuk kembali membuka jalan aspal yang sangat terkikis.

2. Tempat Bertemunya Laut Baltik dan Laut Utara 
Denmark/Swedia
Di kota wisata Skagen kita dapat menonton sebuah fenomena alam yang menakjubkan. Kota ini adalah titik paling utara dari Denmark, di mana Laut Baltik dan Laut Utara bertemu. Dua pasang yang berlawanan di tempat ini tidak dapat bergabung karena mereka memiliki kerapatan dan salinitas yang berbeda. Wilayah di mana laut Baltik dan Laut Utara bertemu ini cukup dangkal sehingga permukaan kontak relatif kecil. Tentu saja ada beberapa pencampuran tetapi sangat minim. Hal ini juga dibantu oleh fakta bahwa Baltik bukanlah pasang yang membuat sebagian besar airnya berada dalam cekungan Baltik dan air ini terus-menerus berkurang salinitasnya oleh sungai yang mengalir ke Baltik. Kalau bukan karena lubang kecil ke Laut Utara, Baltik akan menjadi danau air tawar raksasa. Bidang kontak adalah pemandangan yang bagus untuk disaksikan.

3. Horizontal Falls , Australia
Air Terjun Horizontal atau Horizontal ( dijuluki “Horries” ) adalah nama yang diberikan untuk sebuah fenomena alam di pantai wilayah Kimberley di Australia Barat. Meskipun namanya adalah air terjun Horizontal, namun ini adalah aliran pasang yang bergerak cepat melalui celah sempit, yang menghubungkan dua ngarai dari Range McLarty, yang terletak di Talbot Bay. Arah aliran berbalik dengan setiap perubahan pasang. Saat pasang di Kimberley mencapai 10 meter, maka timbul perbedaan level laut yang signifikan di kedua sisi setiap ngarai. Ngarai yang utara (dekat laut) lebarnya adalah 20 meter dan ngarai bagian selatan (lebih pedalaman) lebarnya 12 meter.

4. Kanal yang Dalam di Great Barrier Reef 
Australia
Great Barrier Reef adalah sistem terumbu karang terbesar di dunia, terdiri dari hampir 3.000 terumbu individu dan 920 pulau-pulau yang membentang sepanjang lebih dari 2.650 kilometer di atas lahan seluas kurang lebih 345.000 kilometer persegi. Terumbu Karang ini terletak di Laut Coral, di lepas pantai Queensland, Australia. Great Barrier Reef adalah struktur tunggal terbesar di dunia yang dibuat oleh organisme hidup dan dapat dilihat dari luar angkasa. Struktur karang terdiri dari dan dibangun oleh milyaran organisme kecil, dikenal sebagai polip karang. Ini mendukung keragaman hayati yang luar biasa dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1981. Ini adalah salah satu dari tujuh keajaiban alam dunia. Kanal atau saluran yang dalam yang terlihat pada gambar diatas, memisahkan Hook Reef dari Hardy Reef, terumbu kecil yang dimiliki oleh Great Barrier Reef. Kanal ini sering difoto dari pesawat dan merupakan lokasi penting bagi para penyelam scuba.

5. “Air Terjun Bawah Air”, Mauritius
Mauritius adalah sebuah negara kepulauan secara resmi disebut Republik Mauritius , atau dalam bahasa Prancis, République de Maurice, yang terletak di Samudera Hindia sekitar 2.000 km di lepas pantai tenggara benua Afrika. Sebuah ilusi yang menarik dapat ditemukan di ujung Barat pulau. Jika dilihat dari udara, sebuah limpasan pasir dan endapan lumpur membuat ilusi air terjun bawah air. Kesan visual yang menipu ini akan benar-benar terlihat jika dilihat dari atas. Bahkan, ilusi ini bisa dilihat di Google Earth.

6. Great Blue Hole, Belize
Great Blue Hole adalah sebuah sinkhole dalam air yang besar di lepas pantai Belize. Itu terletak di dekat pusat Lighthouse Reef, sebuah atol kecil 70 km dari daratan dan Belize City. Lubang dalam bentuk melingkar, dengan diameter 300m di seluruh dan kedalaman 124m. Great Blue Hole adalah bagian dari Belize Barrier Reef Reserve System, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. Ini adalah tempat yang populer di kalangan penyelam rekreasi, yang terpikat oleh kesempatan untuk menyelam dalam air sejernih kristal dan dipenuhi beberapa spesies ikan, termasuk ikan kerapu raksasa, hiu nurse dan beberapa jenis hiu karang seperti hiu karang Karibia dan hiu Blacktip.  

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib