logo blog

4 Fenomena Alam yang Unik dan Aneh


4 Fenomena Alam yang Unik dan Aneh-Setiap tahun, berbagai kegiatan manusia dan fenomena alam menyebabkan bencana lingkungan dan kerugian ekonomi yang besar di seluruh dunia. Meskipun demikian, ada sesuatu yang menarik tentang kekuatan alam dan dampaknya. Jangan berharap untuk menemukan Aurora Borealis yang kini sangat populer atau pasang merah (red tides) tercantum di sini.

Tujuan dari daftar yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com ini adalah untuk menyajikan beberapa fenomena alam yang paling menarik/bahaya yang terjadi pada tahun 2011 dan 2012, yang kurang diketahui oleh masyarakat umum. Kriteria seperti kelangkaan dan keunikan adalah hal yang mendasar dalam menentukan daftar Top 4 ini.

1. Laut Hitam yang Beruap – Romania
Alam
Hangatnya matahari, tanah lembab dapat beruap, apalagi sebuah danau, laut atau samudra jika udara di atasnya cukup dingin. “Dalam kasus terakhir, fenomena ini biasanya disebut kabut uap (jika terjadi di atas air tawar) atau asap laut (jika terjadi di atas air garam)”, menurut Saunders PM dari Woods Hole Oceanographic Institution. Gambaran spektakuler diatas diambil beberapa bulan yang lalu di Rumania, dan menangkap asap laut yang sangat indah di Laut Hitam.

2. Spider Web Trees – Pakistan
Alam
Sebuah efek samping tak terduga dari banjir besar yang melanda seperlima dari daerah Pakistan adalah jutaan laba-laba mengubah pohon menjadi seperti kepompong. Mereka merangkak ke pohon untuk menghindari air banjir yang meninggi. Jaring laba-laba raksasa yang ditemukan di Texas diatas, adalah mimpi arachnophobe terburuk. Menutupi area 200 yard! Terlepas dari kenyataan bahwa laba-laba adalah kanibal dan jaring mereka tidak berhubungan, spesialis mempelajari lebih dari 240 spesimen dan mengidentifikasi 12 family laba-laba berada di jaring yang besar tersebut. belum begitu diketahui apa yang memicu fenomena langka ini.

3. Maelstrom Near The Port Of Oarai – Japan
Sebuah pusaran air yang sangat besar muncul di lepas pantai timur Jepang setelah tsunami melanda negara itu. Pusaran dekat pelabuhan Oarai berlangsung beberapa jam dan terjadi karena interaksi antara air deras dan geologi dari garis pantai dan dasar laut. Maelstroms (pusaran) adalah fitur umum dari tsunami. Tembok air tsunami ketika mengalir akan mengikuti pola dari rupture atau pola dari patahan yang terpatahkan. Retakan atau rekahan ini menyebabkan air tersembul keatas, dan membuat tembok air tsunami. Menurut perkiraan visual dari ketinggian dari tembok air ini mencapai 30 meter. Dan hingga lebih dari 10 meter ketika mencapai daratan, sampai menyapu segalanya yang dilewati. Termasuk rumah, bangunan, kendaraan, dan tentusaja manusia yang tidak sempat mengevakuasi.

4. Massive Dust Storm – Phoenix, USA
Gambar yang luar biasa ini menunjukkan badai debu besar yang menelan Phoenix pada tahun 2011. Badai pasir – juga dikenal sebagai haboob – berasal dari Tucson dan memiliki lebar 50 mil. Awan debu mencapai ketinggian 10.000 kaki sebelum tiba di Phoenix. Hal ini disebabkan oleh “downdrafts dari badai yang sangat kompleks yang dihasilkan oleh monsun Barat Daya. Badai pasir adalah fenomena meteorologi yang umum di Arizona, tetapi penduduk setempat dan peneliti mengatakan badai 5 Juli adalah luar biasa intens. Ukuran badai, dan banyaknya debu itu dijemput yang dibawa oleh badai, sangat tidak biasa.  

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib