logo blog

2 Taj Mahal yang Ada di India


Anda pasti mengenal Taj Mahal di Agra, India. Tapi tahukah Anda bahwa India tidak hanya memiliki satu tapi ada dua Taj Mahal? Seperti yang dikutip dari Alam mengembang jadi guru, Memang ada sebuah monumen identik dengan Taj yang berdiri di Aurangabad di Maharashtra. Bangunan tersebut juga bangunan makam yang disebut Bibi Ka Maqbara (“Makam Ratu”) yang dibangun oleh Pangeran Azam Shah, putra dari Kaisar Mughal keenam, Aurangzeb, antara tahun 1651 dan 1661 AD, untuk mengenang ibunya, Dilras Banu Begum.
Taj Mahal
Bibi Ka Maqbara BUKAN Taj Mahal

Bibi Ka Maqbara terinspirasi dari Taj Mahal di Agra yang terkenal, yang dibangun oleh tidak lain adalah kakek Pangeran Azam Shah sendiri, Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengenang istrinya Mumtaz Mahal. Azam Shah bermaksud untuk membangun sebuah monumen yang akan menyaingi Taj Mahal. Sayangnya, ia tidak sekaya kakeknya, sehingga kemampuan untuk membeli bahan bangunan dan membayar tenaga kerja terampil juga tidak seperti kakeknya. Dan hasilnya adalah salinan Taj Mahal yang kemegahan dan keindahannya dibawah Taj Mahal. Meski begitu, Bibi Ka Maqbara adalah keajaiban arsitektur dengan desain yang rumit, motif-motif ukiran dan struktur yang mengesankandan serta dilengkapi dengan lanskap taman gaya Mughal yang indah. Karena kemiripannya dengan Taj Mahal, Bibi Ka Maqbara juga disebut “Taj Deccan”.

Taj Mahal

Makam berdiri di tengah area yang luas berukuran sekitar 458 x 275 meter, dengan kolam aksial, air mancur, dan saluran air. Makam ini dibangun pada platform persegi tinggi dengan empat menara di sudutnya, persis seperti Taj Mahal, dan dilengkapi dengan tangga-tangga di tiga sisi. Kubah utama dari Maqbara, bagaimanapun, lebih kecil dari kubah Taj dan menaranya juga lebih pendek.

Jika tidak dibandingkan dengan Taj Mahal, Bibi Ka Maqbara adalah bangunan dan karya arsitektur yang indah. Sementara monumen di Agra seluruhnya terbuat dari marmer putih murni, makam di Aurangabad terbungkus dengan marmer hanya sampai level dado (bagian bawah tembok). Di atasnya ditutupi dengan plester yang dioles halus untuk memberikan penampilan seperti marmer. Hanya kubah utama yang dibangun dengan marmer. Dinding Maqbara juga terlihat sedikit kehitaman yang memberikan makam penampilan kusam dibandingkan dengan Taj. Menurut catatan, Bibi Ka Maqbara dibangun oleh Shah Alam dengan biaya 700.000 Rupee. Sebagai perbandingan, Taj Mahal dibangun dengan biaya sekitar 32 juta Rupee pada waktu itu. Ini mungkin alasan lain mengapa Bibi Ka Maqbara sering disebut sebagai “Taj yang Miskin”.

Penyebab Bibi Ka Maqbara tak semegah Taj Mahal adalah konsekuensi dari kurangnya minat Aurangzeb dalam arsitektur. Awalnya Aurangzeb tidak mendukung pembangunan sebuah monumen semewah Taj Mahal. Ia mencegah pembangunannya dengan menghalangi pergerakan marmer dari Rajasthan dan berbagai bagian lain dari kekaisaran Mughal. Tapi anaknya Azam Shah bertekad untuk memiliki monumen untuk ibunya yang bisa bersaing dengan Taj Mahal. Entah bagaimana, Azam Shah akhirnya dapat membujuk ayahnya yang akhirnya mengalah.

Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1803, Nizam Sikander Jahan begitu terpikat oleh Maqbara sehingga ketika Aurangabad dan daerah Marathwada dianeksasi ke dalam kerajaannya, ia berencana untuk menggeser Maqbara ke ibukotanya, Hyderabad. Dia bahkan memerintahkan pembongkaran struktur, potongan demi potongan. Tapi, entah bagaimana, ia memiliki firasat bahwa beberapa bencana yang menimpanya saat itu adalah karena ia membongkar struktur Maqbara. Dia lalu menghentikan pembongkaran dan sebagai penebusan dosa ia membangun sebuah masjid yang masih berdiri hingga saat ini di sebelah barat struktur utama.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib