logo blog

Misteri Pulau Hy Brasil yang Hilang


Tak dapat dibantah bahwa kisah daratan atau pulau lenyap yang paling terkenal adalah Atlantis. Tapi ada pulau lain yang sama misteriusnya yang disebut Hy-Brasil. Pulau ini dikatakan terletak di sebelah barat Irlandia dan dikenal sebagai Hy-Brasil dalam mitologi Irlandia.

Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Hy-Brasil (juga dieja Hy-Breasal, Hy-Brasil, Hy-Breasil, Brazir) mungkin juga bertanggung jawab untuk penamaan negara yang kita kenal sekarang sebagai Brasil.

Hy Brasil pada Peta Piri Reis yang terkenal

Menurut legenda lama, Hy-Brasil adalah tanah yang sangat rahasia yang diperintah oleh imam. Imam ini memegang rahasia alam semesta dan memiliki akses ke leluhur, dan memiliki pengetahuan yang luas. Dalam cerita rakyat, pulau ini mengambil namanya dari Breasal, Raja Tertinggi Dunia, dalam sejarah Celtic.

Pulau ini dikatakan berselimut kabut, kecuali untuk satu hari setiap tujuh tahun, pulau itu menjadi terlihat tetapi tetap tidak mudah dicapai.

Selama berabad-abad sejumlah peta memetakan posisi pulau itu. Pada peta, pulau itu ditampilkan sebagai lingkaran, sering dengan selat pusat atau sungai yang mengalir dari timur ke barat melintasi diameternya.

Hy Brasil ada dalam semua peta kuno ini

Sebuah peta Catalan yang dibuat sekitar tahun 1480, melabel dua pulau, yang satu “Illa de brasil”, berada di barat daya Irlandia, dan satunya lagi di selatan “Illa verde” atau yang sekarang dikenal sebagai Greenland.
Ada banyak ekspedisi di masa lalu untuk mencari pulau mitos ini. Satu ekspedisi tahun 1497 dipimpin oleh John Cabot. Ia melaporkan bahwa ia telah menemukan pulau itu dan pulau itu sebelumnya juga sudah ditemukan di masa lalu oleh orang-orang dari Bristol.

Beberapa sejarawan mencatat bahwa navigator terkenal Pedro Alvarez Cabral juga mengaku telah mencapai pulau selama pelayarannya di tahun 1500-an. Di tahun 1600-an ada beberapa catatan tentang kemakmuran pulau tesebut. Pada tahun 1674 Kapten John Nisbet dan krunya berada di perairan di lepas pantai barat Irlandia. Mereka terselubung dalam kabut.

Setelah kabut terangkat, mereka melihat bahwa mereka dekat dengan sebuah pulau, jadi mereka berlabuh beberapa meter dari pantainya . Menurut laporan, empat awak naik perahu kecil dan mendarat di pulau. Mereka menghabiskan hari di sana sebelum kembali dengan perahu yang sarat dengan emas dan perak. Mereka mengklaim bahwa seorang pria tua yang tinggal di pulau itu telah memberikan emaas dan perak tersebut kepada mereka sebagai hadiah.

Ketika mereka kembali ke Irlandia, kapal kedua di bawah komando Alexander Johnson berangkat untuk mencari pulau itu. Menurut laporan waktu itu, mereka juga menemukan sebuah pulau yang ramah dan kembali untuk mengkonfirmasi laporan sebelumnya. Pada tahun 1684, dalam sebuah buku berjudul ‘A Chorographical Description of West or H-Iar Connaught’ pertemuan dengan pulau itu:
"There is now living, Morogh O'Ley (Murrough O Laoi), who imagins he was personally on O'Brasil for two days, and saw out of it the iles of Aran, Golamhead, Irrosbeghill, and other places of the west continent he was acquainted with."
Penampakan terakhir dari pulau terjadi pada tahun 1872. Penulis TJ Westropp dan beberapa sahabatnya mengklaim telah melihat pulau muncul dan kemudian lenyap. Menurut laporan, ini adalah ketiga kalinya penulis telah melihat Hy-Brasil dan telah membawa ibu dan teman-temannya untuk menyaksikannya sendiri.
Pada tahun 1980 Sersan Jim Penniston ditempatkan di pangkalan militer Brentwaters. Selama insiden UFO di Rendlesham Forest, ia mengklaim bahwa ia menyentuh UFO dan menerima pesan telepati dalam bentuk kode biner, yang ia tulis dalam sebuah buku catatan kecil tak lama setelah insiden itu, dan merahasiakannya dari semua orang selama tiga dekade.

Salah satu halaman dari 16 halaman catatan kode biner yang dicatat oleh Jim Penniston

Pada program History Channel ‘Ancient Aliens’ kode biner ini dikatakan telah diterjemahkan oleh programmer Internet Nick Ciske. Pesan tersebut diterjemahkan sebagai koordinat navigasi suatu wilayah di barat Irlandia yang berkorelasi dengan lokasi Hy-Brasil.

Terjemahan Pesan tersebut:

Koordinat pertama hasil terjemahan kode biner diatas 52 ° 09 ’42,532 “N dan 13 ° 13 ’12.69 “W adalah:
Lokasi Hy Brasil menurut koordinat dari terjemahan kode biner

Jadi, apakah Hy-Brasil benar-benar ada?

Beberapa orang mengklaim bahwa apa yang sebenarnya orang lihat di daerah dekat Irlandia adalah sesuatu yang disebut Porcupine Bank. Porcupine Bank adalah area dasar laut yang terangkat hingga 200 meter dibawah permukaan laut. Porcupine Bank terletak sekitar 200 kilometer barat Irlandia.


Lereng utara dan barat dari Porcupine Bank ini memiliki fitur spesies karang air dingin. Mungkinkah bahwa selama masa pasang-surut musim semi ekstrim, Bank ini terekspos ke permukaan laut? Pada awal 1870, sebuah paper yang ditujukan untuk Geological Society of Ireland menunjukkan identifikasi ini.

Jika demikian, ini bisa menjelaskan laporan daratan yang kemudian menghilang cukup cepat.
Teori tentang adanya hy-brasil/waveland yang kemudian terendam air saat es mencair

Tentu saja teori lain yang mungkin adalah bahwa Hy-Brasil sebenarnya adalah bagian Atlantis yang hilang yang dikatakan terletak di luar Pilar Hercules (Gibraltar). Lokasi Hy-Brasil memang diluar Pilar dan oleh karena itu cocok menjadi lokasi Atlantis seperti yang disebutkan oleh Plato. Apakah ini cukup untuk mengatakan bahwa mereka adalah satu hal sama?  

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib