logo blog

Legenda Mahluk Humanoid


Beberapa makhluk mitos yang ada dalam setiap kebudayaan di dunia, sebagian kecil diantaranya mungkin memang benar benar pernah hidup di masa lalu yang jauh. Dan banyak mahluk mahluk yang ada dalam budaya dunia tersebut, digambarkan sebagai humanoid. Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, secara harfiah, ada ribuan makhluk humanoid legendaris yang mungkin ada di alam nyata atau diyakini mengintai di atas planet kita, tapi kita akan menceritakan di sini kisah yang populer dan paling terintegrasi dalam berbagai budaya dan agama.

Gog dan Magog
Gog Magog muncul dalam beberapa Kitab Suci seperti: Al Qur’an, Kitab Kejadian, Kitab Yehezkiel dan Kitab Wahyu. Mereka bervariasi disajikan sebagai makhluk gaib, setan atau kelompok-kelompok suku bangsa yang mengintai di atas tanah. Gog dan Magog menjadi mitologi dan cerita rakyat dan keberadaan mereka diterima oleh banyak agama termasuk Islam, Kristen dan Yudaisme.

Kepercayaan yang diterima secara luas baik dalam Islam dan Kristen meyakini bahwa “Dzulqornain” (penguasa besar barat dan timur) berkeliling dunia dalam tiga arah, sampai ia menemukan sebuah suku yang terancam oleh bangsa Gog dan Magog, yang memiliki “sifat jahat dan destruktif” dan “menyebabkan kerusakan besar di bumi” Suku tersebut menawarkan upeti untuk perlindungan. Dzulqornain setuju untuk membantu mereka, tetapi menolak upeti, ia membangun sebuah dinding besar yang tidak dapat ditembus oleh Gog dan Magog. Mereka akan terjebak di sana hingga hari kiamat, dan lolosnya mereka, akan menjadi tanda dari kiamat.

Abatwa
Dalam mitologi Zulu, Abatwa adalah manusia kecil dikatakan mampu bersembunyi di bawah rumput dan dapat menaiki semut. Mereka diceritakan bergaya hidup nomaden dan berburu hanya untuk permainan. Legenda menyatakan bahwa jika seseorang bertemu Abatwa, biasanya abatwa akan mengajukan pertanyaan seperti, “Dari mana Anda pertama kali melihat saya?”

Orang tersebut harus menjawab dengan mengatakan melihat mereka dari gunung, atau dari daerah jauh. Karena mereka diceritakan sangat sensitif terhadap ukuran mereka, dan jika seseorang menjawab salah, Abatwa akan mencoba untuk membunuh mereka dengan panah racun. Menginjak Abatwa meskipun dengan tidak sengaja juga dikatakan akibatnya akan membawa ke kematian.Karena sifat pemalu mereka, mereka hanya mentolerir dilihat oleh balita, oleh penyihir, dan oleh wanita hamil . Jika seorang wanita hamil di usia tujuh bulan kehamilan melihat Abatwa laki-laki, dikatakan bahwa ia akan melahirkan anak laki-laki.

Elf
Elf adalah makhluk dari mitologi Jermanik. Para elf pada awalnya dianggap sebagai suatu ras dewa atau semi-dewa yang diberkahi dengan kekuatan magis, yang mereka gunakan baik untuk memberi manfaat maupun untuk mencelakakan umat manusia.

Dalam mitologi pra-Kristen, mereka tampaknya telah dibagi menjadi elf terang dan gelap, Deskripsi elf berasal dari mitologi Nordik yang menyatakan bahwa manusia bisa diangkat ke peringkat elf setelah kematian, persilangan dimungkinkan antara elf dan manusia dalam kepercayaan kuno Nordik Kata Nymph dari Yunani diterjemahkan sebagai “elf” atau variannya oleh para ahli budaya Anglo-Saxon.

Cyclops
Dalam mitologi Yunani dan Romawi, Cyclops adalah anggota dari ras primordial raksasa, masing-masing dengan satu mata di tengah dahinya. Kemungkinan besar mitos ini tercipta dari salah satu kelainan bawaan yang disebut Cyclopia di mana bayi manusia yang hanya memiliki satu mata pusat.

Orc
Orc adalah makhluk legendaris yang muncul dalam cerita-cerita rakyat dan kisah-kisah fiksi fantasi sebagai makhluk buas dengan postur tubuh menyerupai manusia, kadang-kadang seperti raksasa, kulitnya biasanya berwarna hijau, wajahnya mirip babi, kera atau monster dengan taring panjang, sifatnya garang dan buas. Dalam kisah fantasi The Lord of The Ring, Orc merupakan salah satu ras yang menghuni Bumi tengah. Orc diidentikkan sebagai ras yang ganas dan jahat. Orc merupakan musuh dari para Elf dan manusia. Mereka senang makan daging dan kadang-kadang mereka menjadi bangsa kanibal.Di dalam cerita The Lord of The Ring juga di katakan bawasannya Orc dulu berasal dari bangsa Elf/Peri.namun karena mereka selalu ditanami oleh sifat benci,iri,dengki,sombong,dan lain-lain yang jelek.makanya Elf bisa berubah menjadi Orc yang buruk rupa.

Kata "orc" atau "ork" dihubungkan dengan setan, jin, ogre, ras yang jahat, atau monster. Setan-setan atau iblis sering disamakan dengan "Orc". Dalam cerita-cerita, film-film dan games, Orc biasanya dilukiskan berkulit hijau, wajahnya tidak seperti manusia dengan dua taring panjang. Biasanya ukurannya lebih besar ataupun seukuran dengan manusia, dan sifatnya lebih ganas.

Ogre
Ogre mungkin berasal dari Oegrus sebuah mitologi Yunani yang merupakan putra dari dewa blood shedder yunani. Sedangkani ogre sendiri adalah kata dari Prancis. Oegrus mungkin telah mengutuk beberapa orang menjadi ogre, yaitu rakasa humanoid yang mengerikan dan kejam.

Juga ditampilkan dalam mitologi, cerita rakyat dan fiksi. Ogre sering digambarkan dalam dongeng dan cerita rakyat sebagai pemakan manusia, dan telah muncul dalam banyak karya-karya sastra klasik. Dalam seni, ogre sering digambarkan dengan kepala besar, berambut dan berjanggut, memiliki nafsu makan yang rakus, dan tubuh yang kuat. Istilah ini sering diterapkan dalam pengertian metaforis kepada orang-orang menjijikkan yang mengeksploitasi, brutal atau memakan korban mereka. Kisah Perancis menceritakan mereka sebagai habitat dari Kerajaan Logres [Inggris].

Tellem
Tellem adalah orang-orang yang mendiami Bandiagara Escarpment di Mali. Suku dogon dan Masarakat mali saat ini menganggap Tellem memiliki kekuatan untuk terbang. Mereka digambarkan seperti hobbit di Lord of the Rings dan mereka membangun tempat tinggal di sekitar dasar tebing curam. Banyak dari struktur ini masih terlihat di daerah tersebut.

Werewolf
Manusia serigala adalah manusia mitologis dengan kemampuan untuk berubah bentuk menjadi serigala atau makhluk seperti serigala, baik sengaja, dengan menjadi tergigit atau tergores werewolf lain, atau setelah mendapat kutukan. Transformasi ini sering dikaitkan dengan munculnya bulan purnama. Werewolves yang sering dikaitkan manusia super kekuatan dan indera yang sangat tajam, jauh melampaui orang-orang pada umumnya

Encantado
Sebuah encantado adalah sebuah makhluk legendaris Brasil. Mereka hidup di alam bawah air yang dalam di daerah bernama Encante. Encantados paling sering digambarkan sebagai suatu jenis lumba-lumba air tawar atau ular laut yang memiliki kemampuan untuk shapeshift menjadi bentuk manusia.

Mereka dicirikan oleh kemampuan musik yang superior, penggoda, dan memiliki daya tarikyang memikat. Transformasi makhluk itu menjadi bentuk manusia tampaknya menjadi langka, dan biasanya terjadi pada malam hari. Sementara dalam bentuk manusia encantado akan memakai topi untuk menyembunyikan dahinya yang menonjol. Itu tidak hilang meskipun mereka telah berubah bentuk dan dapat menampilkan kemampuan magis, seperti kekuatan untuk mengendalikan badai dan menghantui manusia. Mereka menggunakan berbagai teknik kontrol pikiran dan dapat menimbulkan penyakit, kegilaan, dan bahkan kematian. Makhluk-makhluk ini dikenal menculik manusia. Banyak penduduk desa tidak akan pergi dekat Sungai Amazon pada malam hari karena hal ini. Banyak orang Amerika Selatan percaya adanya encantado dan mengklaim telah melihat dan berinteraksi dengan spesies ini.

Basajaun
Dalam mitologi Basque, basajaunak adalah roh yang mendiami gua-gua atau hutan yang melindungi kawanan ternak dan mengajarkan keterampilan seperti pertanian dan ketrampilan besi bagi manusia. Basajaun juga ada dalam mitologi Aragon di lembah-lembah Tena, Ansó, dan Broto. Ukiran abad Kelimabelas-abad yang menggambarkan basajaunak dapat dilihat di Cathedral Burgos dan di biara Santa María la Real di Najera.  

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib