logo blog

Kawah Managua yang Diduga Dampak dari Fragmen Asteroid 2014 RC


Sebuah ledakan misterius yang mengguncang Managua, Nikaragua pada Sabtu malam, menciptakan kawah selebar 12 meter, tampaknya telah disebabkan oleh meteorit kecil. Dan pihak berwenang di wilayah tersebut percaya meteorit itu sebenarnya pecahan batuan dari asteroid 2014 RC yang melambung melewati Bumi pada akhir pekan. Laporan ini sebagaimana yang dikutip dari versesofuniverse


Dampak, dekat dengan bandara internasional negara itu, tidak menimbulkan kerugian apapun, tetapi hantaman itu cukup kuat dirasakan di seluruh ibukota, menurut laporan.

Tes sekarang sedang dilakukan pada kawah untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana kawah itu terbentuk.

"Kami yakin bahwa ini adalah meteorit. Kami telah melihat kawah dari dampak, "kata Wilfredo Strauss dari Seismic Institute.


Pihak berwenang Nikaragua melanjutkan bahwa waktu dampak cocok dengan berlalunya asteroid 2014 RC, yang melintas sangat dekat dengan Bumi pada hari Minggu.

Sebuah meteorit juga terlihat terbang di atas Spanyol pada hari Minggu malam, dan astrofisikawan mencoba untuk menentukan apakah dua peristiwa tersebut terkait.

Sebelum peristiwa tersebut, NASA memperkirakan asteroid selebar sekitar 20 meter - kira-kira seukuran sebuah rumah.


Hal ini membuat ukurannya sama dengan meteorit Chelyabinsk yang meledak di wilayah Pegunungan Ural Rusia bulan Februari 2013.

Pada saat pendekatan terdekatnya, asteroid 2014 RC dikatakan sepersepuluh jarak dari pusat bumi ke bulan - atau sekitar 40,000km.

Meteorit, yang mungkin telah pecah dari asteroid, dikatakan telah meluncur ke daerah berhutan dekat bandara sekitar tengah malam, dan hantamannya begitu besar sehingga tercatat pada instrumen Strauss yang digunakan untuk mengukur gempa bumi.


Pejabat pemerintah dan para ahli mengunjungi lokasi dampak pada Minggu. Salah satunya, William Martinez, mengatakan bahwa masih belum jelas apakah meteorit terbakar sepenuhnya atau meteorit telah meledak ke dalam tanah.

Dr Dan Brown, seorang ahli astronomi di Nottingham Trent University, mengatakan kepada MailOnline: "Kemungkinan Dampak meteorit di Nikaragua, terkait dengan asteroid 2014 RC yang melintas dekat Bumi minggu malam, menimbulkan beberapa pertanyaan menarik.

"Meskipun benturan terjadi sekitar 12 jam sebelum asteroid melewati bumi, Nicaragua adalah bagian dari planet ini yang menghadap ke arah yang benar untuk jatuhnya fragmen/pecahan yang terkait dengan asteroid 2014 RC.

"Jika yang jatuh itu adalah meteorit yang tidak terkait dengan 2014 RC, maka itu menunjukkan bagaimana kita tidak benar-benar memantau semua batu-batu yang berpotensi berbahaya di luar sana."

Juru bicara pemerintah, Ibu Rosario Murillo, mengatakan bahwa Managua akan mengontak Geological Service amerika serikat untuk mencoba mendapatkan informasi lebih lanjut tentang 'peristiwa menarik ini' yang terjadi di Nicaragua, Amerika Tengah, salah satu negara termiskin di Amerika Latin.

Orang-orang yang tinggal di dekat kawah mengatakan kepada media setempat bahwa mereka mendengar ledakan, dan kemudian, pasir dan debu tertiup ke udara, yang berbau seperti sesuatu yang telah terbakar.

Tidak ada laporan cedera atau kerusakan bangunan dari masarakat karena dampak terjadi di tempat yang berhutan, dan penerbangan di bandara tidak terpengaruh.

Meteorit yang dilaporkan dari Spanyol terlihat di atas Barcelona pada hari Minggu malam, dan dipantau oleh Badan Meteorologi Spanyol (Aemet). Bola api tersebut disaksikan oleh ribuan orang, dan banyak yang mengupload foto-fotonya ke jejaring sosial.


Layanan darurat lokal juga menerima beberapa panggilan tentang meteorit dari orang-orang panik yang bertanya-tanya apakah mungkin pesawat atau UFO terbakar.

Meteorit yang terlihat di Spanyol ini diduga jatuh di lokasi terpencil. Mengingat ukuran bola api, yang diduga meteorit itu hampir pasti terlalu besar untuk terbakar habis dan karena itu akan berdampak di suatu tempat. Pertanyaannya sekarang adalah di mana meteorit tersebut jatuh?  

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib