logo blog

Hewan yang Mencuri Ilmu dari Tumbuhan


Hewan yang Mencuri Ilmu dari Tumbuhan
Hibrida antar spesies sangat jarang terjadi, dan kalaupun terjadi, hasilnya akan sangat aneh. Namun bagi yang satu ini bukan sekedar antar spesies, tapi hibrida antar Kingdom yaitu animal kingdom dan plants kingdom, hibrida antara dunia hewan dan dunia tumbuhan, meskipun ini bukan perkawinan tetapi disebut Endosimbiosis. Suatu hal yang hampir tidak mungkin, tetapi ternyata ada…. Seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, Ini adalah siput laut berbentuk daun yang indah bernama Elysia chlorotica, tinggal di kolam dangkal di sepanjang pantai Atlantik Amerika Utara, makan ganggang dengan lahap – satu kali makan sudah cukup untuk seumur hidup! – kemudian dia menggunakan fotosintesis seperti tanaman lain, menghancurkan definisi yang paling mendasar yang membedakan antara Kerajaan hewan dan Kerajaan Tumbuhan.

Jika manusia sekarang baru berslogan Go Green, tapi untuk siput ini, menjadi hijau ternyata bisa sangat efisien! Ini adalah contoh alami satu satunya (yang diketahui) dari pembagian gen antara animal kingdom dan plants kingdom

Siput Elysia chlorotica muda masih berwarna coklat sampai mereka makan makanan hijau pertama mereka … dan tepat setelah itu, mereka siap untuk membuat pigment chlorophyll nya sendiri selama sisa hidup mereka!

Elysia chlorotica adalah “siput laut yang mencuri cukup gen untuk menjadi hewan yang membuat klorofil seperti tanaman”. Mereka tidak hanya menggunakan kloroplas dari alga yang mereka makan. Fenomena ini, meskipun jarang, dikenal sebagai kleptoplasty. Terlebih lagi, mereka tampaknya memiliki gen tertentu yang membuat mereka mampu menjaga pengolahan kloroplas dengan cara yang konsisten dan berkelanjutan:

“Ketika mengunyah makanan favoritnya (intertidal algae Vaucheria litorea), siput ini memegang untai alga dalam mulutnya dan, seolah-olah sedotan, ia mengisap keluar isinya. Setelah siput muda telah menghirup kloroplas dari ganggang pertama yang dia makan, siput tidak harus makan lagi selama sisa hidupnya. Yang harus dilakukan selanjutnya selama hidupnya adalah berjemur.

Elysia crispata juga menyimpan dan mengkonversi kloroplas di dalam jaringannya, dan dibawah ini adalah foto close up yang langka dari bawah tubuh “mesin hijau” ini:

Jadi … haruskah manusia juga belajar trik ini dan mulai “bervegetasi”?

Sekarang, setelah mendengar tentang hidup yang luarbiasa dari makhluk hidup ini – berpikir tentang menjadi hijau, berjemur, berenang dalam energi – Anda mungkin bertanya-tanya apakah suatu hari manusia tidak mungkin mengembangkan teknologi yang akan mengubah kita menjadi mesin fotosintesis yang sangat efisien? Tentu bukan dengan memakan panel-panel surya …

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib