logo blog

8 Daftar Tukang Sihir Wanita yang ada di Dunia


Penyihir dan ilmu sihir sudah ada di antara kita sejak ribuan tahun. Dan kebanyakan kaum wanita lah yang sering dituduh sebagai penyihir. Di abad pertengahan, masa kegelapan eropa, banyak wanita wanita yang dituduh sebagai tukang sihir, dan mereka dieksekusi mati, tanpa pengadilan yang adil. Kita tidak pernah tahu wanita mana yang benar-benar tukang sihir dan mana yang tidak, tapi yang jelas adalah, lebih banyak wanita wanita tak bersalah saat itu menemui ajalnya hanya karena cap tukang sihir.

Seperti yang dikutip dari versesofuniverse.blogspot.com, tukang sihir wanita ada di semua mitos dan legenda di seluruh dunia. Rata-rata mereka digambarkan sebagai wanita yang kecantikannya menggoda, namun adapula yang digambarkan seburuk Iblis.

Meskipun hari ini kita memiliki beberapa petunjuk tentang kehidupan para penyihir paling terkenal di dunia, kita tidak pernah tahu pasti siapa yang benar benar memiliki kekuatan sihir dan siapa yang cuma seorang wanita biasa. Silakan anda memutuskannya sendiri:


1. Calon Arang
Calon Arang adalah seorang tokoh dalam cerita rakyat Jawa dan Bali dari abad ke-12. Tidak diketahui lagi siapa yang mengarang cerita ini. Salinan teks Latin yang sangat penting berada di Belanda, yaitu di Bijdragen Koninklijke Instituut.

Diceritakan bahwa Calon Arang adalah seorang janda penguasa ilmu hitam yang sering merusak hasil panen para petani dan menyebabkan datangnya penyakit. Ia mempunyai seorang puteri bernama Ratna Manggali, yang meskipun cantik, tidak dapat mendapatkan seorang suami karena orang-orang takut pada ibunya. Karena kesulitan yang dihadapi puterinya, Calon Arang marah dan ia pun berniat membalas dendam dengan menculik seorang gadis muda. Gadis tersebut ia bawa ke sebuah kuil untuk dikorbankan kepada Dewi Durga. Hari berikutnya, banjir besar melanda desa tersebut dan banyak orang meninggal dunia. Wabah Penyakit pun muncul.

Raja Airlangga yang mengetahui hal tersebut kemudian meminta bantuan penasehatnya, Empu Baradah untuk mengatasi masalah ini. Empu Baradah lalu mengirimkan seorang muridnya bernama Empu Bahula untuk dinikahkan kepada Ratna. Keduanya menikah besar-besaran dengan pesta yang berlangsung tujuh hari tujuh malam, dan keadaan pun kembali normal.

Calon Arang mempunyai sebuah buku yang berisi ilmu-ilmu sihir. Pada suatu hari, buku ini berhasil ditemukan oleh Bahula yang menyerahkannya kepada Empu Baradah. Saat Calon Arang mengetahui bahwa bukunya telah dicuri, ia menjadi marah dan memutuskan untuk melawan Empu Baradah. Tanpa bantuan Dewi Durga, Calon Arang pun kalah. Sejak ia dikalahkan, desa tersebut pun aman dari ancaman ilmu hitam Calon Arang.


2. The Witch of Endor

Dalam Perjanjian Lama, sang Penyihir dari Endor disebutkan dalam bab 28, ayat 3-25. Rupanya, dia memiliki sebuah jimat yang dapat membantunya melakukan kontak dengan Nabi Samuel (yang pada waktu itu, telah meninggal). Ayat-ayat Alkitab yang menyebutkan Witch of Endor sangat menarik dan menimbulkan banyak kontroversi terutama di Abad Pertengahan, ketika para teolog tidak bisa menerima sebagai kebenaran, hal yang menyebutkan bahwa adalah mungkin untuk memanggil arwah orang-orang kudus dengan cara sihir. Mereka lebih percaya bahwa yang Penyihir dari Endor panggil sebenarnya adalah setan yang mengambil bentuk Samuel.


3. Cassandra
Cassandra adalah karakter terkenal dari mitologi Yunani. Dia adalah putri dari Raja Priam dari Troy dan dia diberkati sekaligus dikutuk oleh Apollo yang mencintainya tapi cintanya ditolak oleh Cassandra: diberkati dengan karunia clairvoyance dan dikutuk sehingga nubuat nya tidak akan pernah dipercaya. Dia memiliki nasib yang menyedihkan karena ia diperkosa dan dipaksa menjadi selir dari Agamemnon pemenang perang Troya. Setelah kedatangan mereka di Athena, raja dan Cassandra, keduanya dibunuh oleh Clytemnenstra, istri Agamemnon, dan kekasih gelapnya.


4. Angéle de la Barthe (1230-1275)
Seorang wanita kaya dan mulia dari Toulouse, Angéle hidup pada abad 13. Dia seorang tokoh Catharisme, sebuah sekte yang dianggap sesat oleh gereja. Angéle de la Barthe diduga orang pertama yang telah dieksekusi, sebagai bagian dari Perburuan Penyihir Wanita di Abad Pertengahan, karena dituduh mempraktekkan sihir . Dia dituduh berhubungan seks dengan Iblis dan melahirkan anaknya, monster pemakan bayi. Tuduhan ini muncul setelah banyak bayi menghilang didaerah itu. Dalam rangka untuk “mendorong” dia untuk mengaku dosa-dosa, ia disiksa oleh Inkuisisi. Kemudian, de la Barthe dinyatakan bersalah dan dieksekusi. Tidak ada catatan dari sidang-nya, namun banyak orang meragukan bahwa dia pernah ada.


5. Alice Kyteler (1280-1325)
Alice Kyteler adalah seorang wanita kaya yang tinggal di Irlandia. Pada saat kematian suaminya, ia dituduh telah meracuni nya (dan dia mengorbankan hewan untuk Iblis) oleh anak tirinya yang menginginkan hartanya. Banyak tuduhan terhadap dirinya agak mencurigakan dan anehnya begitu rinci, seperti ritual magis yang dia lakukan dengan menggunakan beberapa bahan aneh seperti rambut dari bokong dan item pakaian yang diambil dari bayi yang tidak dibaptis. Dikatakan juga bahwa barang-barang misterius, seperti mantera-mantera dan bubuk sihir juga ditemukan di rumahnya. Akibatnya, dia dijatuhi hukuman mati, tetapi entah bagaimana, satu malam sebelum eksekusi, dia kabur dan tidak pernah terlihat lagi sejak saat itu.


6. Mother Shipton (1488-1561)
Dia mungkin adalah salah satu penyihir besar. Nama asli nya Southeil Ursula, dia seperti ditakdirkan untuk hidup sebagai orang buangan. Ursula tidak hanya lahir dari seorang ibu remaja yang diduga adalah seorang penyihir, tapi dia juga sangat cacat dan sangat buruk, karena kakinya yang melengkung, kepala sangat besar dan pipi cekung. Dia juga memiliki gigi yang lengkap sejak lahir.

Semua penduduk desa percaya bahwa dia adalah anak Iblis, terutama karena nama ayahnya tidak diketahui. Meskipun banyak hal aneh terjadi disekitarnya saat masa kanak-kanaknya (seperti benda benda terbang dan beberapa hal magis lainnya), ia tercatat dalam sejarah untuk bakatnya yang lain, yaitu, sebagai pelihat masa depan/peramal yang menakjubkan. Reputasinya sama dengan Nostradamus.

Dia memprediksi peristiwa bersejarah abad ini dan masa depan yang jauh (“di seluruh dunia pikiran akan terbang dalam sekejap mata” ~ mungkin ini deskripsi Internet). Meskipun tidak banyak dari nubuat asli disimpan, dan sebagian besar diketahui telah ditemukan, ia tetap menjadi peramal Inggris yang paling terkenal.


7. Marie Laveau (1801-1881)
Wanita ini adalah praktisi voodoo yang paling representatif di dunia. Dia tinggal di Louisiana, negara bagian amerika di mana boneka voodoo pertama kali muncul dan berhasil menjadi ikon dari agama ini. Dia adalah ratu Voodoo yang terkenal karena bakatnya dalam melakukan ritual voodoo, serta untuk kebaikannya. Dikatakan bahwa ia pernah didatangi oleh seorang pria New Orleans yang memintanya untuk membantu anaknya (terdakwa kasus pembunuhan), melarikan diri dari penjara. Dia meminta imbalan rumah yang dimiliki keluarga pria tersebut. Meskipun anak pria tersebut sudah hampir pasti akan dihukum, Sihir Marie Laveau ternyata ampuh dan anak itupun divonis bebas.


8. Silver Ravenwolf (1956-)
Silver Ravenwolf adalah penyihir kontemporer. Dia adalah pemimpin sekaligus pendiri Wicca, aliran Neopagan modern yang diyakini menjadi salah satu aliran paling cepat berkembang di amerika saat ini. Wicca mempraktekkan ritual ritual sihir. Dia juga Seorang penulis yang sangat terkenal dari Wicca dan Paganisme, dan menjadi direktur dari Black Forest Circle dan Seminari, sebuah organisasi yang mencakup banyak klan Wicca di Amerika dan Kanada. Penyihir modern ini tanpa diragukan lagi, jauh lebih beruntung dibandingkan para pendahulunya, karena ia hidup di dunia yang siap menerima apa pun, selama ‘apapun’ ini tidak merugikan siapa pun.  

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib