logo blog

5 DJ yang Berpenghasilan Terbesar tahun 2013


EDM (Electronic Dance Music) sesungguhnya telah mewarnai blantika musik dunia sejak era 60-an seiring penggunaan bas dan synthesizer oleh sejumlah musisi tenar saat itu. Salah satunya album legendaries Good Vibrations dari kelompok The Beach Boys keluaran 1966. Musik disko dan new wave yang mewabah di dekade 70-an dan 80-an termasuk dalam genre awal EDM.

Perkembangan jaman dan eskplorasi para musisi, DJ (disc jockey) maupun produser dalam pemanfaatan komputer, synthesizer, midi kibor, turntable, mixer, bass, membuat genre EDM populer. Trance, drum and bass, dub step, electro house adalah sebagian genre musik tempat di mana EDM bersemayam. Beberapa pergelaran sukses musik jenis ini di Indonesia antara lain A State Of Trance 650 dan Djakarta Warehouse Project yang sudah digelar secara beruntun sejak 2011. Menyusul adalah Dreamfields Festival di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Kepopuleran EDM serta merta mengangkat nama para musisi pengusungnya ke jajaran puncak peraih uang dalam jumlah besar. Berikut daftar musisi EDM berpenghasilan terbesar yang disusun Fox News.

1. Calvin Harris

Pecinta musik dance pasti familiar dengan single “Summer” yang saat ini sedang hits di tanah air. Dan kolaborasinya dengan Rihanna di lagu “We Found Love” yang tiga tahun lalu merajai berbagai tangga lagu dunia. Majalah Forbes menempatkan pria 30 tahun asal Inggris ini sebagai DJ terkaya tahun lalu dengan pendapatan mencapai AS$46 juta (Rp548 miliar).

2. Tiesto

Pria bernama asli Tijs Michiel Verwest ini telah malang melintang di berbagai panggung musik ajeb-ajeb sejak medio 90an. Tidak heran jika pundi-pundi kekayaannya bertambah sebanyak AS$32 juta (Rp381 miliar).

3. David Guetta

Selain sebagai DJ yang rajin menelurkan album solo, Guetta (46) merupakan produser andal. Pesohor Rihanna, Pitbull, Lady Gaga, Akon, Britney Spears, hingga The Black Eye Peas pernah menggunakan jasanya. Peringkat pertama dalam daftar “Top 100 DJs” versi DJ Magz tahun 2011 itu mendapatkan AS$30 juta (357 miliar) sepanjang tahun lalu.

4. Swedish House Mafia (SHM)

Kelompok yang terdiri dari Sebastian Ingrosso, Axwell dan Steve Angello resmi terbentuk pada tahun 2008. Ketiga personelnya lebih dulu dikenal sebagai DJ andal di negaranya Swedia dan juga belahan Eropa lainnya. Tidak heran jika julukan supergrup disematkan pada mereka ketika membentuk SHM. AS$25 juta (Rp298 miliar) adalah pendapatan yang berhasil mereka kumpulkan tahun lalu. Sayang grup ini bubar…

5. Deadmau5

Sering tampil dengan helm tikus besar, itulah Deadmau5. Pria asal Kanada bernama asli Joel Zimmerman (33) ini pertama kali merilis album solo berjudul Get Scraped (2005). Selain mendapat uang dari hasil penjualan beberapa albumnya, pos pendapatan Deadmau5 juga berasal dari label musiknya Mau5trap dan beberapa kerjasama penjualan merchandise dalam nilai besar. Total kekayaannya meningkat sebanyak AS$21 juta (Rp250 miliar) tahun lalu.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib