logo blog

Ikan-Ikan yang Bergigi Manusia


Ada dua jenis ikan yang gigi-giginya mirip gigi-gigi manusia. Perlu diingat sebelumnya bahwa gambar-gambar pada postingan ini mungkin akan membuat geli, bahkan jijik bagi beberapa orang …. Dan inilah kedua jenis ikan tersebut, seperti yang dikutip dari Alam Mengembang jadi Guru

PACU
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Characiformes
Family: Characidae
Subfamily: Serrasalminae
Pacu adalah ikan air tawar Amerika Selatan, ditemukan di sebagian besar sungai-sungai hutan Amazon seperti sungai Amazon dan sungai Orinoco, tetapi mereka juga telah dikembangbiakkan di beberapa negara di dunia hingga Papua New Guinea, di mana ia biasanya diperkenalkan untuk membantu industri perikanan lokal.
Pacu memiliki kekerabatan dengan piranha yang karnivora, mereka berada di subfamili yang sama yaitu Serrasalminae, meskipun mereka memiliki kebiasaan makanan yang berbeda. Piranha adalah spesies karnivora sedangkan pacu adalah omnivora dengan kecenderungan vegetatif. Perbedaannya yang sangat jelas terlihat dalam struktur gigi mereka. Piranha memiliki gigi-gigi runcing setajam silet, sedangkan pacu memiliki gigi persegi dan tegak, mirip dengan gigi geraham manusia.
Pacu menggunakan giginya terutama untuk menghancurkan kacang-kacangan dan buah-buahan yang jatuh dari pohon-pohon tepi sungai dan mengambang di sungai, tapi kadang-kadang mereka juga memakan ikan lain dan invertebrata. Pada beberapa kesempatan dilaporkan bahwa Pacu menyerang testis beberapa pria yang sedang berenang, mungkin karena menyangka itu adalah kacang yang mengambang. Setelah mereka “mengebiri” beberapa nelayan setempat di Papua New Guinea, Pacu mendapat julukan “Ball-Cutter” atau pemotong bola. Julukan ini segera menyebar ke seluruh dunia, sehingga ketika ikan Pacu terlihat di beberapa danau seperti di Denmark dan kemudian di Washington, New Jersey dan Illinois tahun lalu, kepanikan pun terjadi.
Meskipun Pacu bukan karnivora agresif seperti piranha, sistem rahang mereka yang menghancurkan dapat berbahaya. Seorang balita membutuhkan operasi setelah ikan pacu menggigit jarinya di Edinburgh Butterfly and Insect World, di Skotlandia. Mengomentari insiden tersebut, manajer zoologi Deep Sea World, Matthew Kane memperingatkan, “Ikan Pacu akan coba memakan apa saja, bahkan jari anak-anak.
Pacu adalah legal untuk dimiliki di Amerika Serikat, bisa dibeli di toko-toko ikan dan akuarium dan mudah untuk dipelihara. Masalahnya adalah banyak pemilik akuarium tidak menyadari bahwa ikan pacu dapat tumbuh hingga 1,2 meter, yang terlalu besar untuk akuarium rumah, sehingga ketika ikan pacu peliharaan mereka tumbuh terlalu besar untuk aquarium ikan mereka, banyak pemilik akhirnya membuang ikan pacu di danau terdekat.
Selain Pacu, ikan Sheepshead (Archosargus probatocephalus) juga memiliki gigi manusia tapi jauh lebih banyak.

Sheepshead (Archosargus probatocephalus)
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Class: Actinopterygii
Order: Perciformes
Family: Sparidae
Genus: Archosargus
Species: A. probatocephalus
Seekor sheepshead dewasa memiliki gigi “seri” (karena di depan rahang), dan gigi geraham yang diatur dalam tiga baris di rahang atas dan dua baris di rahang bawah. Mereka juga memiliki seperangkat gigi penghancur di bagian belakang rahang, yang sangat penting untuk menghancurkan cangkang mangsanya. Seperti manusia, kombinasi unik dari gigi-gigi ini membuat sheepshead bisa memangsa apa saja (omnivora) mulai dari berbagai vertebrata , invertebrata dan beberapa material tanaman.
Sekarang bayangkan kalau mereka dihidangkan di piring anda, mungkin mereka menertawakan anda saat hendak memakannya, dan berkata, “gigi kok makan gigi!”
Atau bayangkan jika ikan-ikan ini memakai kawat gigi! Mungkin terlihat seperti gambar dibawah ini:
Hehehehe ….  

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib