logo blog

Cumi-Cumi Raksasa


Banyak hal mengenai Cumi-cumi raksasa yang masih menjadi misteri bagi para ilmuwan meskipun hewan ini adalah invertebrata terbesar di Bumi. Yang terbesar yang pernah ditemukan memiliki panjang 59 kaki (18 meter) dan beratnya hampir satu ton (900 kilogram).

Namun, seperti yang dikutip dari Alam Mengembang Jadi Guru, mereka tidak ramah, habitat laut dalam dimana mereka berada telah membuat mereka sulit untuk dipelajari, dan hampir semua yang diketahui ilmuwan tentang mereka adalah dari bangkai yang terdampar di pantai atau yang tertangkap oleh nelayan. Akhir-akhir ini, bagaimanapun, nasib ilmuwan mempelajari makhluk-makhluk yang sulit dipahami ini telah mulai membaik. Pada tahun 2004 para peneliti di Jepang mengambil gambar pertama dari cumi-cumi raksasa hidup. Dan pada akhir 2006, para ilmuwan dengan Japan National Science Museum menangkap dan membawa ke permukaan cumi-cumi raksasa betina sepanjang 7 meter.

Cumi-cumi raksasa, bersama dengan sepupu mereka, cumi-cumi kolosal, memiliki mata terbesar dalam kerajaan hewan, berdiameter sekitar 25 cm. Organ besar inilah yang memungkinkan mereka untuk mendeteksi benda-benda di kedalaman yang gelap di mana hewan lain kebanyakan tidak akan melihat apa-apa.
Seperti spesies cumi-cumi lain, mereka memiliki delapan lengan dan dua tentakel makan yang lebih panjang yang membantu mereka membawa makanan ke “mulut” mereka. makanan mereka mungkin terdiri dari ikan, udang, dan cumi-cumi lainnya, dan beberapa ahli memperkirakan mereka bahkan mungkin menyerang dan memakan paus kecil.
Mereka bermanuver dengan tubuh besar mereka dengan sirip yang tampak mungil untuk ukuran mereka. Mereka menggunakan funnel mereka sebagai sistem propulsi, menarik air ke dalam mantel, atau bagian utama dari tubuh, dan memompanya belakang.
Para ilmuwan tidak banyak tahu tentang binatang ini untuk mengatakan dengan pasti berapa rentang ukuran mereka, tapi bangkai cumi-cumi raksasa telah ditemukan di semua samudra di dunia.

Untuk mendapatkan gambaran seberapa besar dua cumi raksasa ini dapat dilihat tangan manusia yang memakai sarung tangan hijau di kiri atas foto

Pada tahun 2012, Sekelompok ilmuwan dari National Science Museum Jepang bersama dengan rekan-rekan dari lembaga penyiaran publik Jepang NHK dan Discovery Channel memfilmkan cumi-cumi raksasa di habitat aslinya untuk pertama kalinya.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib