logo blog

Cara Sehat Memasak Makanan


Bahan makanan diolah dan dimasak dengan berbagai metode untuk menghasilkan makanan yang enak dan sesuai dengan selera. Ada beberapa cara memasak yang biasa digunakan dan faktanya, cara memasak sangat mempengaruhi keberhasilan pola hidup sehat Anda. Untuk sahabat dicintai.com, admin share beberapa cara paling sehat dalam memasak makanan seperti yang dilansir time.com belum lama ini.

Teknik menggoreng dengan menggunakan minyak goreng yang mungkin paling sering Anda lakukan tidak termasuk di dalamnya karena memanaskan minyak goreng dapat memecahkan susunan kimiawi dari minyak tersebut, kemudian hal ini membuat minyak tersebut memproduksi lipid peroksidase. Ketika lipid peroksidase termakan dan masuk ke dalam tubuh, terjadi reaksi dengan protein dan DNA. Dampak jangka panjangnya, bisa meningkatkan risiko terkena kanker dan penyakit jantung. Untuk mengurangi risiko ini, ahli kesehatan menyarankan untuk menggunakan minyak dengan kandungan lemak tidak jenuh seperti canola oil atau sunflower oil. Disebutkan bahwa minyak canola baik untuk menggoreng, sedangkan minyak bunga matahari untuk menumis. Mengapa virgin coconut oil tidak termasuk minyak dengan kandungan lemak tidak jenuh yang disarankan ya?

Beberapa teknik sehat mengolah makanan sebagaimana yang dikutip dari Dicintai
Cara Sehat Memasak Makanan


Mengukus dan merebus
Teknik mengukus (steaming) tidak hanya dapat memaksimalkan rasa dan warna asli, tetapi juga mempertahankan banyak nutrisi yang terkandung pada bahan makanan. Vitamin yang bertahan pada saat dikukus mencapai 70%, sedangkan yang bertahan pada saat direbus hanya sekitar 40%. Tetapi ada studi yang menyebutkan bahwa proses merebus (boiling) justru mempertahankan nutrisi dari wortel, brokoli, dan timun Jepang; jika dibandingkan dengan cara dikukus, digoreng, atau dimakan mentah.

Untuk mengurangi nutrisi yang hilang ke dalam air selama bahan makanan direbus, Anda bisa mencoba teknik poaching atau merebus dengan sedikit air. Keuntungan lain dari merebus atau mengukus, tidak ada tambahan kandungan lemak selama proses memasak.

Tip:

- Mengurangi amis pada ikan bisa dilakukan dengan melumuri ikan dengan jeruk nipis sebelum mengukus, lalu dikemas dengan daun pisang atau aluminium foil bersama bawang dan jahe.


Memanggang
Broiling dan grilling adalah dua jenis cara memanggang tanpa minyak. Broiling adalah memanggang dengan panas di atas, sedangkan grilling adalah memanggang dengan panas di bawah. Broiling biasanya digunakan untuk memasak potongan daging yang lunak. Grillling dikenal sebagai cara memasak daging yang tetap dapat mempertahankan nutrisi dan cita rasa.

Ketika Anda memanggang daging, pastikan potongan daging yang dipanggang tidak terlalu besar agar cepat matangnya. Proses memanggang dengan panas tinggi yang terlalu lama, bisa mengakibatkan protein dan lemak dalam daging menghasilkan senyawa yang berbahaya bagi tubuh. Ikan laut seperti salmon adalah ikan yang kaya akan lemak baik. Jika Anda memanggang ikan salmon, tidak perlu ditambah mentega lagi.

Tip:

-Bolak-balik setiap sisi selama 1-2 menit. Panggang 6 menit untuk tingkat kematangan rare, 9 menit untuk medium, dan 12 menit untuk well-done.

-Jika ada bagian makanan yang keras dan hangus, dibuang saja, jangan dimakan.


Menumis
Teknik menumis (stir-frying) memungkinkan Anda mengkombinasikan rasa dari berbagai bahan makanan tanpa membutuhkan banyak minyak. Untuk membuat tumisan, olive oil bisa Anda gunakan.

Tip:

-Saat menumis sayur dan daging, masukkan daging terlebih dulu agar matang lebih awal.

-Prinsipnya adalah memasak dengan panas maksimal dalam waktu sesingkat-singkatnya sehingga tidak banyak nutrisi makanan yang rusak.


Presto
Teknik pressure cooking hanya memerlukan sedikit air dan waktu sehingga vitamin dan mineral tetap terjaga. Anda tidak perlu menambahkan minyak atau lemak untuk cita rasanya. Daging ayam utuh bisa tersaji empuk dalam 15 menit, nasi hanya dimasak 5 menit, dan sayuran hanya 3 menit. Ketupat bisa masak dalam sekitar 15 menit lho.

Tip:

-Gunakan timer karena memasak dengan presto hanya membutuhkan waktu singkat.
-Jangan isi panci presto lebih dari 2/3 kapasitas.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib