logo blog

Rahasia Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan



buah dan sayuran

Peneliti menganalisis kebiasaan makan lebih dari 65.000 orang di Inggris antara tahun 2001 dan 2013. Mereka menemukan bahwa orang yang makan tujuh porsi atau lebih buah-buahan dan sayuran segar setiap hari, diketahui memiliki risiko kematian 42 persen lebih rendah pada usia berapapun dibandingkan dengan mereka yang makan buah dan sayuran kurang dari satu porsi per hari.

Risiko kematian berkurang hingga 36 persen dengan mengonsumsi lima sampai tujuh porsi, 29 persen dengan tiga sampai lima porsi, dan 14 persen dengan satu sampai tiga porsi, demikian temuan yang terdapat di dalam jurnal Epidemiology and Community Health. Namun demikian, studi ini tidak membuktikan bahwa makan banyak buah-buahan dan sayuran dapat mengurangi risiko kematian, melainkan hanya menemukan hubungan antara konsumsi produk segar dan risiko kematian lebih rendah.

Para peneliti mengatakan temuan mereka menunjukkan bahwa makan tujuh porsi atau lebih buah dan sayuran diketahui mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 31 persen dan risiko kematian akibat kanker sebesar 25 persen. Secara keseluruhan , sayuran ternyata memiliki manfaat kesehatan yang lebih kuat dari buah. Setiap porsi harian sayuran segar mengurangi risiko kematian secara keseluruhan sebesar 16 persen , dibandingkan dengan 13 persen per porsi salad dan 4 persen per porsi buah segar , kata para peneliti .

“Kita semua tahu bahwa makan buah dan sayuran adalah sesuatu yang menyehatkan, akan tetapi ukuran efeknya mengejutkan , ” kata penulis studi Oyinlola Oyebode, di departemen epidemiologi dan kesehatan masyarakat dari University College London , mengatakan dalam sebuah rilis berita universitas. “Sayuran memiliki efek yang lebih besar dari buah, namun buah masih dapat membuat perbedaan yang nyata. Jika anda senang ngemil wortel atau sayuran lain, maka itu pilihan yang sangat bagus, namun jika anda menginginkan yang lebih manis, maka pisang dan buah lainnya juga pilihan yang baik,” ujar Oyebede.

Penelitian ini tidak menemukan manfaat kesehatan yang signifikan dari jus buah. Selain itu, buah kalengan dan buah beku tampaknya malah meningkatkan risiko kematian sebesar 17 persen per porsinya, kata para peneliti. “Sebagian besar buah kalengan mengandung kadar gula tinggi, di mana hal tersebut lebih banyak dampak negatifnya daripada dampak positifnya”, ujar Oyebode.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib