logo blog

Daftar Ular-Ular Raksasa


Anaconda

Nama lain untuk anaconda adalah boa air, nama untuk seekor ular yang hampir selalu ditemukan di dekat air. Mereka hidup di Amazon dan cekungan Orinoco Amerika Selatan tropis, dan habitatnya membentang dari Andes, menuju timur ke Trinidad dan juga ke sisi Karibia Amerika Tengah. Binatang ini bergerak di air jauh lebih mudah daripada di darat. Seperti buaya, anaconda memiliki lubang hidung tinggi pada moncongnya sehingga dapat berenang dengan kepala di atas air untuk bernapas. Matanya juga tinggi di atas kepalanya sehingga dapat mengamati mangsanya. Ular ini biasanya berdiam di di tepi perairan, menunggu mangsanya. Ketika rusa, burung, atau mangsa lain datang ke air untuk minum, anaconda cepat menyerang, menyeret korbannya ke dalam air untuk menenggelamkannya. Kemudian menelan seluruh tubuh mangsanya. Anaconda tidak berbisa. Sebuah makanan yang baik, dapat membuat anaconda bertahan selama beberapa minggu, di mana biasanya dia akan berada di dalam air, mencerna makanannya.

Anaconda di Hutan Amazon

Dibawah ini adalah foto-foto Anaconda hijau yang menyerang dua meter Caiman, di rawa-rawa hutan dimana kedua spesies hidup, dekat kota Los Llanos, Venezuela. Caiman yang adalah kerabat buaya dan aligator ini tidak curiga didekati dari bawah oleh ular anaconda raksasa, yang langsung melilitkan tubuh kuatnya itu disekitar reptil dan perlahan-lahan meremasnya sampai mati. 

Meremas mangsanya adalah metode yang disukai dari anaconda – kerabat dekat dari ular boa – untuk berburu, karena memiliki tidak memiliki bisa.

Setelah menundukkan korbannya, ular ini kemudian menjalani proses panjang mengkonsumsi caiman besar. Dengan rahang elastik yang dimiliki memungkinkannya untuk membuka mulutnya hampir vertikal. Ular memiliki kemampuan untuk menelan hewan yang jauh lebih besar dari kepalanya, namun butuh waktu lama untuk menelan caiman tersebut.




Setelah akhirnya menghabisi mangsanya nya ular biasanya menemukan tempat untuk beristirahat dan mencernanya. Anaconda vs caiman perjuangan didokumentasikan dengan baik dan sering bisa terjadi bahwa caiman yang muncul menang jika dapat mendapatkan gigi ke dalam tubuh ular.





Anaconda Anaconda raksasa di sungai Abuna

Diatas adalah foto anaconda yang disebarluaskan oleh surat kabar lokal A Provincia do ParĂ¡. Ular ini diduga panjangnya mencapai 45 kaki, dan ditemukan pada Abuna Rio (Negara bagian Acre, Brazil)

Pada tahun 1906, dua puluh tahun sebelum penjelajah Kolonel Percy Fawcett Harrison menghilang tanpa jejak di Amazon, ia dikirim oleh Geographic Society Kerajaan untuk melakukan survei menyeluruh dari Abuna Rio dan Sungai Acre.

Fawcett bertemu dengan ular raksasa pada tahun 1907 saat dia menyusuri sepanjang Rio Negro dengan kru Indiannya. Fawcett melaporkan bahwa kepala segitiga besar muncul di haluan perahu, dan ketika ia menembak makhluk itu, ular itu meronta-ronta menimbulkan gelombang air di sekitar perahu.

Dengan susah payah Fawcett meyakinkan krunya untuk mendekati tempat ular besar berbaring. Orang-orang Indian takut bahwa reptil terluka akan menyerang perahu atau pasangannya, seperti yang sering terjadi, akan datang untuk melakukan pembalasan. Fawcett kemudian melangkah ke tepi dan hati-hati mendekati ular. Menurut Fawcett, ular itu panjangnya 43 kaki yang keluar dari air dan 17 kaki yang berada di dalam air, jadi total sekitar 60 kaki.


BOA CHINA?

Sebuah foto yang dimaksudkan untuk menunjukkan seekor ular dengan panjang 55ft yang ditemukan di sebuah hutan di Cina telah menggemparkan internet pada waktu itu. Foto ini pada awalnya diposting di thread situs People’s Daily, koran resmi Partai Komunis Cina. Postingan berita itu mengklaim ular itu salah satu dari dua Boa besar ditemukan oleh pekerja yang membabat hutan untuk membangun jalan baru di luar kota Guping, provinsi Jiangxi. Mereka rupanya membangunkan tidur ular ular tersebut selama upaya melibas gundukan besar.

Pada penggalian ketiga, operator menemukan ada darah di antara tanah, dan dengan menggali lebih lanjut, ular yang sekarat muncul. Pada saat yang sama, seekor ular boa raksasa lain berwarna emas muncul dengan mulut terbuka lebar. Sopir lumpuh ketakutan, sementara pekerja lain melarikan diri. Pada saat para pekerja kembali, boa yang terluka telah tewas, sedangkan ular boa lainnya telah menghilang. Operator buldoser begitu lemahnya sampai ia bahkan tidak bisa berdiri. Posting tersebut mengklaim bahwa driver penggali begitu traumahingga ia mengalami serangan jantung dalam perjalanan ke rumah sakit dan kemudian meninggal. Ular boa yang mati panjangnya mencapai 55ft (16.7M), dan berat 300kg serta diperkirakan berusia 140 tahun. Namun, pejabat pemerintah lokal di Guiping mengatakan cerita dan foto ini hampir pasti hoax karena boa raksasa bukan hewan asli daerah itu.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib