logo blog

Penyebab Sinusitis dan Cara Pencegahannya


Sinusitis
Sinusitis sebenarnya bukanlah suatu penyakit yang berbahaya, namun cukup mengganggu akibat gejala yang ditimbulkan. Pengobatan sinusitis didasarkan atas penyebabnya. Untuk sinusitis akut,  disebabkan oleh infeksi antara lain virus, jamur dan bakteri. Untuk penyebab infeksi bakteri dan jamur biasanya diberlakukan pemberian antibiotik berspektrum luas seperti amoxicillin.

Adapun untuk yang disebabkan oleh virus, lebih ditekankankepada pengobatan gejala. Karena pada kasus sinusitis hampir selalu terjadi rasa nyeri, maka pemberian analgetik atau peredam nyeri menjadi sangat utama. Analgetik yang sering diberikan kepada pasien adalah paracetamol. Analgetik yang mengandung asam asetil salisilat sedapat mungkin dihindari karena jika penyebab sinusitis adalah karena alergi, maka justru akan semakin memperparah reaksi alergi.

Pengobatan beruba tindakan di luar pemberian obat dapat dilakukan untuk sinusitis yang disebabkan oleh faktor seperti kelainan bentuk hidung, trauma dan lingkungan pasien. Pemaparan sinar bergelombang pendek dalam jangka waktu 10 hari dapat dilakukan guna memperbaiki vaskularisasi sinus. Pencucian dilakukan untuk menimbulkan tekanan negatif di dalam rongga sinus yang terdapat di hidung (paranasal) sehingga cairan mucus bisa keluar dengan mudah.

Pengeluaran mukus dengan menggunakan alat yang ditusukkan dilakukan untuk memperlancar sekresi lendir. Alat tersebut dinamakan trokar. Selanjutnya membuat lubang pada daerah yang merupakan penghubung antara rongga hidung dan sinus rahang dilakukan untuk meningkatkan aliran udara serta memperlancar aliran mukus.

Pembedahan juga perlu dilakukan apabila pengobatan sinusitis gagal dilakukan. Pembedahan terdapat dua macam, yaitu terapi radikal dan terapi tidak radikal. Pengobatan Sinusitis secara radikal merupakan pembedahan dengan mengangkat bagian mukosa yang sakit dan membuat drainase bagian sinus yang terkena. Operasi pada sinus maksila menggunakan tehnik operasi Caldwell-Luc. Adapun pembedahan tidak radikal dikerjakan dengan bedah sinus endoskopik fungsional. Sumber

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib