logo blog

Fenomena Ledakan terbesar di alam semesta


The Halifax Explosion

Pada tahun 1917, sebuah kapal kargo Prancis yang sarat muatan bahan peledak untuk Perang Dunia I bertabrakan dengan sebuah kapal Belgia di pelabuhan Halifax, Kanada.Kapal Itu meledak dengan kekuatan lebih daripada ledakan bom buatan manusia ledakan sebelum itu, yaitu setara dengan sekitar 3 kiloton TNT.

Ledakan membuat asap putih mengepul setinggi 20.000 kaki (6.100 meter) di atas kota dan memicu tsunami mencapai setinggi 60 kaki (18 meter). Selama hampir 1,2 mil (2 km) yang mengelilingi pusat ledakan, kehancuran total, dan sekitar 2.000 orang tewas dan 9.000 terluka. Hempasan pecahan kaca akibat ledakan yang menggema di kota kota sekitarnya telah membutakan ribuan orang, bahkan jangkar kapal terlempar berpuluh puluh kilo dari tempat awalnya.

Ledakan Chernobyl

Pada tahun 1986, sebuah reaktor nuklir di Chernobyl Ukraina (soviet) meledak. Itu adalah kecelakaan nuklir terburuk dalam sejarah. Ledakan, yang menghempaskan 2.000 ton tutup reaktor, mengirimkan 400 kali lebih tinggi efek radioaktif dari pada bom atom Hiroshima, mengkontaminasi lebih dari 77.000 mil persegi (200.000 km persegi) di Eropa.

Kira-kira 600.000 orang yang terkena radiasi dosis tinggi, dan lebih dari 350.000 orang harus diungsikan dari daerah yang terkontaminasi. kebetulan ledakan ini juga pernah saya bahas di Blog saya ini.



The Trinity Blast


Bom atom pertama dalam sejarah, dijuluki “the gadget,” diledakkan di Situs Trinity dekat Alamogordo, NM, pada tahun 1945, meledak dengan kekuatan sekitar 20 kiloton TNT.

Senjata nuklir kemudian berakhir pada era Perang Dunia II dan menggiring dalam dekade ketakutan penghancuran nuklir ( Hiroshima Nagasaki bombing). Para ilmuwan baru-baru ini menemukan bahwa warga sipil di New Mexico telah terdampak ribuan kali lebih tinggi akibat radiasi dari batas yang direkomendasikan.




Ledakan Tunguska


Ledakan misterius di dekat Podkamennaya Sungai Tunguska pada tahun 1908 yang membuat rata sekitar 500.000 hektar (2.000 kilometer persegi) hutan Siberia, daerah hampir ukuran kota Tokyo.

Para ilmuwan berpendapat bahwa ledakan itu disebabkan oleh dampak kosmik dari sebuah asteroid atau komet mungkin 65 meter (20 meter) dengan diameter 185.000 metrik ton pada massa – lebih dari tujuh kali dari kapal Titanic. Ledakan yang dihasilkan bisa saja sekuat empat megaton TNT – atau 250 kali lebih kuat daripada bom atom dijatuhkan di Hiroshima.


Ledakan Mount Tambora


Pada tahun 1815, Gunung Tambora di Indonesia meledak dengan kekuatan sekitar 1.000 megaton TNT, letusan gunung berapi terbesar yang tercatat dalam sejarah. Ledakan melempar keluar sekitar 140 miliar ton magma dan tidak hanya menewaskan lebih dari 71.000 orang di pulau Sumbawa dan Lombok di dekatnya, tetapi abu itu dikabarkan menciptakan perubahan iklim global. Tahun berikutnya, 1816, menjadi dikenal sebagai Tahun tanpa musim panas, salju jatuh pada bulan Juni di Albany, NY, sungai es terlihat pada bulan Juli di Pennsylvania, dan ratusan ribu orang meninggal karena kelaparan di seluruh dunia.

Comet Shoemaker-Levy 9

Komet Shoemaker-Levy 9 dengan Jupiter bertabrakan secara spektakuler pada tahun 1994. Planet raksasa merobek tarikan gravitasi komet menjadi fragmen-fragmen terpisah hingga menjadi 1,8 mil (3 km) lebarnya, dan dan comet tersebut bergerak menghantam pada kecepatan 37 mil (60 km) per detik.

Tabrakan terbesar itu menciptakan sebuah bola api yang naik sekitar 1.800 mil (3.000 km) di atas cloudtops Jovian dan membuat kegelapan total di lebih dari 7.460 mil (12.000 km) ukuran Bumi – dan diperkirakan memiliki daya ledak dengan kekuatan 6.000 gigatons TNT.


Shadow-casting Supernova


Supernova adalah gugusan bintang-bintang yang sering meledak, dan menimbulkan cahaya terang dari semua galaksi yang ada. Supernova paling terang yang tercatat dalam sejarah itu terlihat di konstelasi Lupus (istilah latin untuk serigala) pada musim semi 1006. Ledakan emas yang luar biasa yang sekarang dikenal sebagai SN 1006 berlangsung kira-kira 7.100 tahun cahaya, sangat terang hingga cukup untuk membava dan menulis pada malam hari bahkan tetap terlihat selama berbulan bulan pada waktu siang hari.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib