logo blog

Novel Yang Dilarang Keras Beredar di Beberapa Negara


Novel-novel ini sangat dilarang keras beredar di beberapa negara, sesuai dengan ketentuan dan kebijakan masing-masing. Entah karna konten atau unsur lainnya dalam novel tersebut, contohnya Novel American Psycho yang sarat akan kegilaan untuk membunuh tanpa sebab.

Ada 5 Novel Yang Dilarang Beredar yang akan kita bahas, sinopsis dan hal terkait yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Namun ada juga beberapa novel ini yang menjadi best seller bahkan di Indonesia, seperti The Da Vinci Code misalnya. Wah, apakah regulasi Indonesia lebih longgar? Atau ada hal lain? Bahkan sudah ada yang di Filmkan. Simak saja 5 Novel Terlarang di bawah ini yang dikutip dari riskydhe.mywapblog.com

1. AMERICAN PSYCHO

Sebuah novel satir yang keluar pada tahun 1991 menyoroti sifat lelucon dari yuppies di amerika. Kisahnya diceritakan melalui seorang protagonis Patrick Bateman, seorang Yuppie gila yang menjadi pembunuh berantai. Dalam beberapa kali novel ini telah diberi label sebagai ”salah satu novel kunci abad 20″tetapi ketika dirilis membuat kontroversi besar karena tingkat ekstrem kekerasan grafis dan penyiksaan seksual. Penulis menerima surat kebencian dan ancaman kematian. Buku ini masih tidak dapat dibeli oleh orang berusia dibawah 18 tahun di beberapa negara.

SINOPSIS AMERICAN PSYCHO:

Alkisah dalam film karya sutradara Mary Harron yang berdasarkan novel kontroversial Bret Easton Ellis pada tahun 2000 ini, Patrick Bateman (Christian Bale) merupakan simbol sosok sukses baik dalam pekerjaan ataupun pergaulan. Jelasnya Patrick yang berusia 27 tahun merupakan simbol impian Amerika. Itulah yang tampak di permukaan sementara tidak seorangpun tahu sosok Patrick yang sebenarnya. Teman-teman dan orang lain melihat Patrick adalah pialang saham Wall Street yang suka bekerja keras dan luwes bergaul sehingga banyak orang menyukainya. Tetapi jika tiba malam hari, Patrick berubah menjadi sosok yang menakutkan. Pada malam hari itulah dia berkeliaran mencari korban untuk dibunuh terutama para wanita. Dengan tanpa perasaan ia membunuh para wanita dengan cara mengerikan dan memotong-motong korbannya untuk disimpan di apartemennya.

2. THE SATANIC VERSES

The satanic verses adalah novel ke-empat karya salman rushdie, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1988, dan sebagian terinspirasikan dari kisah hidup muhammad. Judulnya merujuk pada apa yang bakal sahabat anehdidunia.com ketahui sebagai ayat-ayat setan. Dalam novel ini, sang tokoh utama yang bernama mahound (yang kemungkinan besar merujuk pada muhammad) diceritakan secara kilas balik paralel dengan dua tokoh utama lainnya gibreel farishta dan saladin chamcha. Di britania raya, novel ini diterima dengan baik oleh para kritikus, dan menjadi finalis booker prize tahun 1988, walaupun dikalahkan oleh oscar and lucinda karya peter carey yang memenangkan whitbread award 1988 untuk novel terbaik tahun itu.

Namun di komunitas muslim, novel ini menghasilkan kontroversi yang luar biasa. Sebuah fatwa yang dikeluarkan terhadap penulis oleh pemimpin spiritual Iran, ayatollah khomeini. Hadiah 1 juta dollar telah diajukan kepada siapa saja yang membunuh Rushdie dan 3 juta dollar jika pembunuhnya adalah warga Iran. Negara-negara lain segera ikut dalam kehebohan ini. Venezuela melarang buku tersebut dan mengancam 15 bulan penjara kepada siapapun yang membacanya. Sementara di jepang, seorang penerjemah yang terlibat dengan buku tersebut ditikam sampai mati buku ini tidak boleh beredar di India, dan banyak dibakar pada demonstrasi di Britania Raya. Novel ini juga menyulutkan kerusuhan di pakistan pada tahun 1989.
SINOPSIS THE SATANIC VERSES:

Dalam kilas balik kehidupan mahound yang berseting di jahiliyah yang berupa mimpi atau penglihatan dari gibreel, dikisahkan bahwa sang “messenger” (perantara) dihadapkan pada pilihan sulit untuk berkompromi dengan adat politeisme. Pada saat ia ingin memperkenalkan sistem monoteisme yang diwahyukan kepadanya, hal tersebut ditentang oleh masyarakat setempat.

Pada puncaknya ia harus memilih antara mengakui ketiga dewi utama jahiliyah (allat – bentuk wanita dari allah, uzza, dan manah) sebagai setara dengan allah dan seluruh penduduk jahiliyah akan menyembah allahnya mahound, atau ia dapat bersikeras untuk menolak dewi-dewi tersebut dan akan dimusuhi/diasingkan. Setelah ia mengundurkan diri untuk mencari wahyu, pertama-tama ia kembali dengan menyatakan bahwa ia mendapatkan wahyu dari gabriel bahwa ketiga dewi tersebut akan diakui setara dengan allah; namun kemudian setelah ia naik gunung lagi, ia kembali dengan menyatakan bahwa wahyu sebelumnya adalah dari setan dan harus dimusnahkan dari semua catatan tertulis yang telah dibuat, sebagai akibatnya ia dan pengikutnya melarikan diri dari jahiliya.

3. THE DA VINCI CODE

The da vinci code adalah sebuah novel karangan Dan Brown seorang penulis amerika dan diterbitkan pada 2003 oleh doubleday fiction. Buku ini adalah salah satu buku terlaris di dunia dengan 36 juta eksemplar dan telah diterjemahkan ke dalam 44 bahasa, termasuk Indonesia. Di indonesia diterbitkan oleh penerbit serambi ilmu semesta. Isinya menceritakan bahwa gereja katolik telah terlibat dalam konspirasi untuk menutupi cerita Yesus yang sebenarnya.

Ini menyiratkan bahwa vatikan dengan sadar mengetahui sedang hidup dalam suatu kepalsuan, tetapi mengerjakan sesuatu demi menjaga kekuasaannya. Para penggemar memuji bahwa buku ini kreatif, walaupun kritikus juga menyerang dengan mengatakan ketidakakuratannya dan tulisan yang buruk, dan mengutuk pendirian yang kontroversial pada peran Gereja Kristen.

SINOPSIS THE DA VINCI CODE:

Ketika berada di Paris dalam rangka urusan bisnis, ahli simbol Universitas Harvard bernama Robert Langdon menerima telepon penting saat larut malam yang mengabarkan terbunuhnya seorang kurator museum terkenal Louvre. Didekat tubuh pria tua itu, polisi menemukan sejumlah simbol yang tidak bisa dijelaskan. Kontan, Langdon langsung menyelidiki kasus aneh tersebut dan ia sangat terkejut saat mendapatkan bahwa semua itu berhubungan dengan sejumlah petunjuk yang mengarah pada lukisan Mona Lisa karya maestro Leonardo da Vinci.
Selidik punya selidik, di balik lukisan tersebut terdapat sejumlah kode sandi yang mengarah pada rahasia besar di masa lalu yang berhubungan dengan sebuah kontroversi terbesar sepanjang sejarah. Belakangan, Langdon bergabung dengan seorang ahli bahasa kuno Sophie Neveu dan berhasil menemukan bahwa kurator yang ditemukan meninggal tersebut berhubungan dengan organisasi rahasia berumur ratusan tahun Priory of Sion yang sejumlah anggota terkenalnya adalah ilmuwan terkenal dunia seperti Sir Isaac Newton, Botticelli, Victor Hugo, dan Da Vinci sendiri.

Dalam petualangannya menyusuri jalan-jalan kota Paris dan London, keduanya harus berpacu dengan seorang musuh misterius yang terus mengikuti tiap langkah mereka. Satu-satunya harapan adalah membuka rahasia dibalik rahasia semua misteri tersebut, atau seluruh rahasia dibalik Priory dan lukisan Da Vinci bakal musnah selamanya. Selain menjadi salah satu film paling ditunggu di tahun 2006, Da Vinci Code yang diambil dari novel karangan Dan Brown tersebut juga menjadi film paling kontroversial yang di beberapa negara telah dilarang peredarannya karena dianggap menghina ajaran Kristiani.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib