logo blog

Tips Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk


Mengantuk adalah salah satu fenomena alami yang dialami oleh manusia. Semua orang pasti pernah merasakan bagaimana mengantuk tersebut. Cuma permasalahannya adalah bagaimana bila rasa ngantuk tersebut datang disaat saat penting. Sebagai contoh bila ngantuk disaat di sekolah, pasti akan jadi suatu masalah. Bisa bisa kita ditegur dan dihukum oleh guru pengajar kita. Masalah juga akan muncul ketika berada dalam rapat penting tiba tiba mengantuk. Rasanya pasti jadi tidak fokus dan pengen rapat segera selesai.

Sebenarnya apa sih penyebab ngantuk itu ?  Mengantuk yang biasanya ditandai dengan menguap bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti rasa lelah, karena bergadang semalaman, bosan terhadap acara yang disajikan, dan bisa juga karena penyakit. Ada lalat yang bernama tse tse menyebabkan penyakit tidur.

Cara Menghilangkan Rasa Mengantuk
Menguap adalah proses alami yang dilakukan tubuh untuk meningkatkan supply oksigen. Saat menguap berarti tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen. Dengan menguap oksigen yang berada di udara akan diambil untuk selanjutnya diedarkan ke seluruh tubuh. Pernahkah anda mengalami rasa kantuk ketika berada pada saat saat penting ? Atau malah punya kenangan lucu dengan mengantuk ini he..he. Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan rasa mengantuk yang bisa anda terapkan.

1. Minum air putih
Dengan minum air putih akan membantu tubuh menghilangkan rasa kantuk. Di dalam air terdapat oksigen yang akan sangat berguna. Baik air dingin, air panas, atau air dengan panas sedang dapat membantu menghilangkan ngantuk.

2. Membasuh muka dengan air
Cara ini merupakan cara favorit dan umum dilakukan kebanyakan orang untuk menghilangkan raSa mengantuk. Dengan membasuh muka ngantuk diharapkan akan segar kembali, sehingga rasa ngantuk hilang dan badan kembali bugar.

3. Makan permen
Cara makan permen bisa digunakan untuk terapi ngantuk ataupun mencegah rasa ngantuk. Dengan permen yang memiliki rasa tajam, pahit, pedas, ataupun asin diharapkan akan dapat membuat selalu terjaga tanpa ngantuk. Permen kopi juga menjadi salah satu favorit rasa dalam menghilangkan mengantuk.

4. Teh  panas dan kopi panas
Kedua minuman ini biasa dipakai untuk menghilangkan rasa mengantuk dalam acara resmi seperti seminar ataupun rapat. Paduan rasa kopi atau teh bercampur air panas akan terasa nyoz dan membuat plong sehingga rasa segar dapat muncul kembali. Apalagi ditambah dengan beberapa makanan kecil, pasti terasa enak dan rasa mengantuk pun memudar.

5. Melihat orang yang mengantuk
Cara terakhir ini memang terlihat lucu dan konyol, tapi percaya deh bila tingkah orang mengantuk itu lucu dan bila kita melihatnya bahkan dapat membuat ngantuk kita hilang. Mungkin karena melihat hal yang bisa membuat senyum atau tertawa maka mengantuk pun hilang. Tidak percaya ? Silahkan coba sendiri.

Demikian artikel singkat tentang beberapa cara untuk menghilangkan rasa mengantuk. Mungkin masih ada lagi beberapa cara lain yang manjur, namun setidaknya dengan beberapa tips ngantuk di atas, anda dapat terbebas dari fenomena mengantuk ditengah acara penting. Semoga bermanfaat.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib