logo blog

Peristiwa Terbesar di Internet tahun 2000-2009


Baru-baru ini ada sebuah penghargaan yang coba mengelompokkan 10 peristiwa di dunia internet yang paling dahsyat dalam 1 dekade terakhir. Penghargaan itu adalah Webby Awards.

Berikut 10 momen terpenting di dunia internet versi Webby Awards menurut waktu terjadinya:

  1. Tahun 2000: Situs iklan Craigslist berekspansi dari basisnya di San Francisco.Popularitasnya meledak dan dinilai sebagai contoh peralihan iklan koran ke online.
  2. Tahun 2000: Peluncuran layanan Google AdWords. Layanan ini dinilai membuat para pengiklan online lebih baik dalam menarget konsumen yang diinginkan.
  3. Tahun 2001: Peluncuran Wikipedia, yang dipuji sebagai permulaan proyek kolaborasi online dunia. Saat ini, Wikipedia telah memiliki lebih dari 14 juta artikel.
  4. Tahun 2001: Napster ditutup. Penutupan situs file sharing ini dinilai memicu pertumbuhan situs musik legal seperti Hulu atau iTunes.
  5. Tahun 2004: Penawaran awal saham Google ke publik. Langkah ini dinilai sebagai awal Google menjadi raksasa internet berpengaruh saat ini.
  6. Tahun 2006: Revolusi video online yang dipicu YouTube. Bandwidth yang lebih cepat, kamera video yang murah, memicu ledakan video online.
  7. Tahun 2006: Facebook dibuka ke publik luar kampus dan awal Twitter lahir. Revolusi jejaring sosial online dipicu oleh dua situs ini.
  8. Tahun 2007: Debut smartphone iPhone. Ponsel Apple ini memicu popularitas aplikasi ponsel via internet yang sekarang seakan jadi barang wajib.
  9. Tahun 2008: Dominasi internet di pilpres Amerika Serikat. Belum pernah terjadi sebelumnya pertarungan capres sangat dipengaruhi aktivitas di dunia maya.
  10. Tahun 2009: Protes pemilu Iran via internet, utamanya Twitter. Dengan pemblokiran akses wartawan, Twitter jadi andalan menyebar berita mengenai Iran saat itu.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib