logo blog

Olahraga Untuk Mencegah Penyakit Jantung


olahraga untuk mencegah penyakit jantung
Olahraga mempunyai peranan yang penting dalam menjaga kebugaran tubuh dan juga kesehatan. Bermacam macam olahraga bisa dilakukan agar tubuh sehat.  Jalan kaki, lari, bersepeda, renang adalah beberapa jenis olahraga yang baik. Selain menjaga kebugaran olahraga tersebut juga membuat jantung sehat.

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang sering menyebabkan kematian. Bila dilihat dari faktor penyebabnya, penyakit jantung disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor genetis atau resiko keturunan dan faktor perilaku gaya hidup. Untuk faktor genetis sendiri juga tidaklah mutlak diturunkan, hanya saja menjadikan seseorang memiliki resiko lebih besar dibandingkan dengan yang tidak ada riwayat keturunan penyakit. Faktor gaya hidup mempengaruhi perilaku hidup, baik dari pola hidup maupun dari segi makanan. Gaya hidup tidak sehat dan juga makanan berlemak atupun penuh kolesterol bisa menyebabkan gangguan penyumbatan aliran darah yang bisa berakibat pada penyakit jantung.

Makanan yang mengandung kolesterol akan membuat aliran darah terganggu. Ketika aliran darah tidak lancar ataupun terganggu karena penyumbatan pada pembuluh darah, maka kerja jantung untuk memompa darah menjadi lebih berat. Hal tersebut akan mempunyai dampak kurang bagus untuk kesehatan jantung. Nah, jagalah pola makan dan juga olahraga secara teratur untuk memperlancar aliran darah.

Bila melihat dari jenis penyebabnya terutama yang kedua yaitu penyakit jantung karena gaya hidup dan pola makan, maka dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan makan makanan yang sehat akan membantu pencegahan penyakit jantung. Beberapa makanan yang kaya kalium sangat bagus untuk kesehatan jantung, dan jangan lupa untuk mengurangi makanan dengan kadar garam tinggi.

Olahraga yang Baik Untuk Kesehatan Jantung
Olahraga memang bagus untuk kesehatan dan juga kebugaran. Namun demikian tidaklah semua jenis olahraga yang bagus untuk membuat jantung sehat dan kuat. Pilihlah olahraga yang mempunyai ritme teratur dan tidak tergolong olahraga berat yang memacu kerja jantung tinggi. Berikut ini beberapa olahraga yang bagus untuk kesehatan jantung.

1. Jalan kaki
Biasakanlah jalan kaki dalam berbagai aktivitas, selain murah jalan kaki bagus untuk kesehatan. Bila lokasi kantor anda berdekatan dengan rumah, bisa memulai kegiatan jalan kaki ini, setiap hari jalan ke kantor. Rasakan manfaatnya untuk kesehatan.

2. Lari
Olahraga ini merupakan inti dari berbagai jenis olahraga yang saat ini dikenal. Lari sebetulnya adalah olahraga dasar yang bisa meningkatkan stamina, kebugaran, dan juga kekuatan. Untuk kesehatan jantung, lakukanlah lari dengan kecepatan tetap paling tidak selama 15 menit.

3. Bersepeda
Kegiatan ini sekarang mulai menjadi trend di kalangan orang yang ingin menjaga kesehatan. Melakukan aktivitas bersepeda untuk menjaga kesehatan jantung harus dilakukan dengan tempo yang teratur. Lakukan secara bertahap untuk mendapakan jantung yang sehat. Buat anda yang baru memulai untuk bersepeda jangan langsung melahap porsi besar. Sesuaikan dengan kemampuan anda dan juga kemampuan kerja jantung.

4.Berenang
Taukah anda bahwa berenang adalah olahraga yang bagus untuk kesehatan. Caranya sama dengan olahraga yang lain, lakukan dengan ritme yang tetap untuk memperkuat jantung. Sesuaikan dengan kemampuan dan lakukan secara bertahap untuk mendapatkan jarak tempuh yang jauh. Berenang juga merupakan salah satu olahraga yang membuat semua anggota badan bergerak.

Demikian artikel singkat tentang kesehatan jantung, khususnya olahraga yang bisa memperkuat jantung. Lakukan secara bertahap dan dengan tempo yang teratur. Imbangi juga dengan pola hidup sehat dan makanan yang bergizi.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib