logo blog

Manfaat Telur Bagi Kesehatan


TelurTelur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan (kaviar). Selain itu dikonsumsi pula juga telur yang berukuran besar seperti telur burung unta (Kasuari) ataupun sedang, misalnya telur penyu. Sebagian besar produk telur ayam ditujukan untuk dikonsumsi orang tidak disterilkan, mengingat ayam petelur yang menghasilkannya tidak didampingi oleh ayam pejantan.

 Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi. Telur yang disterilkan tidak akan mengandung embrio yang telah berkembang, sebagaimana lemari pendingin mencegah pertumbuhan sel-sel dalam telur Artikel ini cocok bagi mereka yang membenci telur, karena disini dibahas beberapa manfaat telur. Sehingga diharapkan para pembenci telur dapat mencintai tellur sebagaimana telur mencintainya. bagi agan-agan dan aganwati-aganwati yang menyukai telur dibaca juga yaa. Siapa tau nanti semakin cinta ama telur sehingga gak mau dimakan, malah disayang-sayang. (Kelainan dong). Hmm dari pada makin ngawur langsung aja yaa beberapa manfaat telur.

Manfaat Telur Bagi kesehatan:
  1. Menjaga bentuk Badan
    Penelitian Ruxton juga menunjukkan bahwa telur memainkan peran penting dalam menjaga kebugaran dan bentuk badan. Telur berukuran sedang memiliki kurang dari 80 kalori sehingga akan menjadi alternatif menu sarapan yang baik jika Anda termasuk yang mempedulikan ukuran kalori. Bahkan, pada 1979, Margaret Thatcher dilaporkan mengalami penurunan berat badan berkat diet singkat dengan mengonsumsi 28 telur per minggu.
  2. Kaya Protein
    Sebutir telur memiliki 8 gram protein, nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kulit tetap kencang dan membentuk otot yang kuat. Wanita membutuhkan 45 gram protein sehari dan pria membutuhkan 55 gram atau sekitar 2-3 butir.
  3. Cepat memberi rasa kenyang
    Makan telur saat sarapan membantu Anda menurunkan berat badan secara signifikan dengan memotong asupan kalori harian. Makanan kaya protein membuat telur lebih lama dicerna di perut. Bagi penyuka telur, ada alasan tambahan mengapa makanan ini layak dijadikan menu membuka hari. Penelitian membuktikan, menu sarapan telur dapat mengurangi berat badan hingga 65% dan menurunkan angka indeks masa tubuh hingga 61%.
  4. Mengencerkan otak
    Dua telur dengan kandungan 550 miligram kolin setiap hari selama kehamilan akan membantu perkembangan otak janin dan menghasilkan ingatan tajam pada anak. Kolin juga penting untuk memori. Sumber kolin lain termasuk kacang kedelai, ayam dan salmon.
  5. Mengurangi risiko kebutaan karena usia
    Lutein yang ada di telur membantu meningkatkan kesehatan mata dan mengurangi risiko kebutaan yang berkaitan dengan usia.
  6. Mengandung asam lemak omega 3
    Lemak ini sangat penting untuk pengembangan mata dan pendengaran pada anak-anak dan fungsi otak sepanjang hidup. Asam esensial juga membantu menjaga sirkulasi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Telur dengan omega 3 juga memiliki lebih sedikit lemak jenuh.
  7. Mencegah Kanker Payudara
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh universitas di eropa  mengungkapkan bahwa konsumsi choline yang cukup bisa menurunkan risiko kanker payudara.

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib