logo blog

Candi Berusia 4000 Tahun Di Peru


Candi Ventarron masih terus digali para arkeolog Peru. Sebuah candi dengan banyak lukisan di dinding, diperkirakan berusia 4000 tahun, telah ditemukan dalam sebuah penggalian di pesisir barat Peru. Candi ini bisa jadi merupakan yang tertua di Amerika.

Candi tersebut ditemukan rusak cukup parah. Namun masih terlihat beberapa bangunan yang utuh seperti tangga menuju altar pemujaan, yang disebut para arkeolog sebagai Ventarron. Posisi candi berada di lembah Lambayeque, dekat komplek bangunan kuno Sipan yang juga pernah digali para arkeolog Peru pada tahun 1980.

"Ventarron berusia jauh lebih tua dari Sipan, sekira 2000 tahun sebelum Yesus Kristus lahir." Usianya diprediksi telah mencapai 4000 tahun," ujar Walter Alva, kepala tim arkeolog Peru, yang juga Direktur museum Royal Tombs di Sipan, seperti dikutip Reuters, Minggu (11/11/2007). "Yang paling mengejutkan adalah metode konstruksi, desain arsitektur dan keberadaan lukisan dinding yang ternyata memiliki usia sangat tua," lanjut Alva.

Peru merupakan wilayah yang sangat kaya dengan penemuan arkeologi, termasuk Machu Picchu bangunan berbentuk benteng pertahanan masyarakat Inca di wilayah Andes.

Sumber

Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib