logo blog

10 Tim Favorit Liga Champions 2012-2013


10 Tim Favorit Liga Champions 2012-2013

Liga Champions 2012-2013 bisa menjadi musim yang paling menarik sepanjang sejarah. Mengapa? Sebab tidak ada satupun tim yang benar-benar bisa menjadi favorit juara. Kemenangan Chelsea pada musim sebelumnya bisa menjadi gambaran.

Sebagai tim yang tidak diunggulkan, The Blues mampu melewati semua rintangan dengan mengalahkan Barcelona dan Bayern Munich untuk dinobatkan menjadi juara Eropa. Chelsea memberi bukti jelas bahwa sebenarnya tidak ada satupun tim yang benar-benar favorit untuk melakukan hal yang sama pada tahun 2013.

Meskipun demikian, kita bisa mencoba untuk mengumpulkan tim-tim favorit berdasarkan persiapan mereka menyambut musim baru ini. Kesepuluh tim ini dijamin akan membuat Liga Champions semakin panas dan menarik. Dan tidak menutup kemungkinan salah satu dari mereka akan mampu mengangkat trofi Liga Champions di Wembley nantinya. Berikut adalah 10 tim favorit yang akan menyemarakkan turnamen bergengsi Eropa tersebut.

10. Paris Saint-Germain
Klub kaya baru ini melakukan belanja besar sejak musim kemarin. Bukan saja pemain bintang, mereka juga mendatangkan pelatih top, Carlo Ancelotti untuk menukangi mereka. Musim ini mereka akan berlaga di Liga Champions, sebagai persiapannya mereka telah menandatangani dua pemain terbaik Milan yaitu Thiago Silva dan juga Zlatan Ibrahimovic. AC Milan akan berjuang untuk mencari pengganti dua pemainnya itu, dan di sisi lain PSG akan lebih dulu bersiap menyambut musim depan.

9. Borussia Dortmund
Walau memenangi gelar Bundesliga secara berturut-turut, Borussia Dortmund belum bisa menjadi ancaman klub-klub Eropa. Musim lalu Dortmund harus tereliminasi di babak grup yang berisi Arsenal, Marseille, dan Olympiakos. Dortmund tidak bermain seperti layaknya juara Jerman. Musim ini Jurgen Klopp harus mampu membawa kesuksesan mereka di liga untuk bersaing dengan raksasa-raksasa Eropa lainnya.

Borussia Dortmund telah menunjukkan niat mereka dalam bursa transfer. Mereka berhasil mendatangkan gelandang serang Marco Reus sebagai pengganti Shinji Kagawa yang hijrah ke Old Trafford. Dengan pengalaman di Liga Champions musim lalu, Tim Dortmund menjadi lebih siap untuk merebut juara musim ini.

3. Bayern Munich
Bayern Munich sebenarnya memiliki perjalanan yang cukup mengesankan musim lalu. Hal itu dapat terlihat saat mereka menghajar FC Basel, dengan nyaman mengalahkan Marseille, memulangkan Real Madrid, tapi sayang mereka tidak bisa menyelesaikan pekerjaan mereka di kandang sendiri. Chelsea sebagai underdog mampu mempermalukan sang tuan rumah yang difavoritkan.

Tidak banyak yang berubah di Bayern Munich musim ini, mereka akan tetap mengandalkan Arjen Robben, Franck Ribery dan Mario Gomez. Beberapa pemain muda kemungkinan akan semakin sering diturunkan setelah menunjukkan performa yang apik musim lalu.

4. Arsenal

Meskipun mereka tidak pernah memenangkannya, namun Arsenal selalu menjadi penantang yang kuat untuk gelar Liga Champions. Tahun demi tahun mereka selalu lolos ke kompetisi tertinggi Eropa ini. Sayangnya tahun demi tahun mereka juga selalu membungkuk keluar dari babak sistem gugur. Selain berhasil melaju ke final pada tahun 2006, Arsenal tidak pernah benar-benar mampu meyakinkan orang bahwa mereka bisa meraih juara Liga Champions.

Musim ini akan menjadi momen perubahan untuk tim asuhan Arsene Wenger. Rumor yang berkembang mengatakan Arsenal akan mempertahankan Van Persie untuk musim 2012-13. The Gunner siap menghadapi risiko kehilangan pemain bintang mereka tersebut secara free pada musim panas mendatang. Namun ada kemungkinan Arsenal bisa meyakinkan pemain berjuluk RVP itu untuk tetap tinggal jika mereka mampu meraih trofi musim ini.

Dengan asumsi resiko tersebut, Arsenal akan memiliki salah satu kekuatan serangan paling mematikan di Eropa. Perpaduan Van Persie, Podolski dan Giroud akan membuat The Gunners bisa berbicara banyak musim depan.

5. Chelsea
Banyak yang mencemooh cara Chelsea menjuarai Liga Champions 2012. Permainan jelek, sepak bola defensif, serta sedikit keberuntungan menjadi cap yang disematkan peda mereka kala itu. Namun sepertinya The Blues tidak akan mengambil rute ini lagi di musim 2012-2013, terlebih tersiar kabar Roman Abramovic tidak suka dengan gaya defensif yang dipakai Di Matteo sehingga sempat berkembang adanya isu pemecatan.

Dilihat dari komposisi pemain Chelsea sejauh musim panas ini, sepertinya Roman Abramovic ingin mempertahankan gelar juara Chelsea dengan permainan menyerang. Eden Hazard dan Marko Marin akan memberikan Chelsea kreativitas ketika menyerang.

6. Manchester City
Di atas kertas, Manchester City bisa menjadi pesaing serius bagi Liga Champions musim depan. Tapi piala tidak diperebutkan di atas kertas. Di Liga Champions, pengalaman juga memegang peranan sama seperti halnya dengan nama-nama bintang dalam sebuah tim. Manchester City tidak memiliki banyak pengalaman bermain bersama sebagai sebuah tim di tingkat Eropa. Sama halnya dengan dengan Borussia Dortmund, anak asuhan Roberto Mancini harus membuktikan bahwa mereka bisa menjadi klub besar Eropa seperti saat mereka menjuarai liga lokal.

7. Juventus
Klub Nyonya Tua Turin ini sangat sukses pada musim kemarin, mereka berhasil memenangkan Scudetto dengan rekor tak terkalahkan untuk seluruh pertandingan di Serie A. Ini merupakan tahun yang luar biasa bagi Juventus. Melihat mereka telah begitu cepat kembali ke kancah Liga Champions, pasukan Antonio Conte akan menjadi ancaman serius di Eropa.

Hampir setengah dari skuad Juventus terdiri dari pemain yang bermain cemerlang di musim 2011-2012 yang juga bermain sangat baik di Euro bersama Italia. Moral yang begitu tinggi tengah bersemayam pada diri Georgio Chiellini, Andrea Barzalgi, Claudio Marchisio, Andrea Pirlo dan Gianluigi Buffon yang berhasil membawa The Azzuri bercokol sebagai runner up di Euro 2012 kemarin.

Mereka punya pengalaman dan profesionalisme yang tinggi, dan jika semangat yang mereka tunjukkan selama Serie A 2011-12 muncul di Liga Champions 2012-13, maka dipastikan "Si Nyonya Tua" bisa membuat kejutan musim ini.

8. Manchester United
Musim lalu bukan milik Manchester United, dan itu sangat jarang terjadi pada klub ini. Manajer sekelas Sir Alex Ferguson tentu tidak akan membiarkan kegagalan musim lalu akan berulang. Ia memperkuat lini tengah United dengan mendatangkan Shinji Kagawa dan Nick Powell.

Meskipun tampil buruk musim lalu, United masih tetap menjadi salah satu favorit Liga Champions, seperti biasa. Motif terbesar Manchester United untuk musim 2012-13 adalah untuk menunjukkan bahwa musim sebelumnya hanyalah sebuah titik kecil dalam sejarah mereka. Saat banyak yang berbicara tentang pergeseran kekuasaan di Manchester, Sir Alex dipastikan akan berusaha keras mengembalikan kemuliaan ke Old Trafford, sebelum ia benar-benar pensiun tentunya.

9. Real Madrid
Real Madrid cukup sukses di musim 2011-12, setelah sekian lama mereka berhasil membawa kembali trofi La Liga ke kota mereka. Untuk beberapa musim terakhir, Real Madrid terus dibayangi kesuksesan Barcelona, namun musim ini keadaannya mungkin bisa akan berbeda. Keberhasilan Real Madrid memenangkan La Liga musim 2011-12 cukup fenomenal dengan raihan rekor 100 poin.

Hal itu bisa membuktikan Ronaldo dkk. akan semakin ganas. Tidak banyak pergantian pemain dalam skuad Los Blancos, dan tampaknya Jose Mourinho ingin tetap mempertahankan komposisi pemain-pemainnya yang bermain cemerlang di musim kemarin.

10. Barcelona
Bagi kebanyakan tim, memenangkan Copa del Rey, melaju ke semifinal Liga Champions, dan finish kedua di La Liga sepertinya bukanlah musim yang buruk. Namun untuk klub dengan standar Barcelona, hal itu menjadi pertanyaan serius. Ada apa dengan Barcelona?

Dengan kepergian Pep Guardiola setelah empat tahun sukses luar biasa bersama Barcelonal, Tito Vilanova kini mengambil alih kemudinya. Barcelona masih akan menjadi favorit untuk dinobatkan juara Eropa oleh karena kualitas pemain-pemainnya. Musim ini sangat penting bagi Barcelona, karena akan menjadi indikator apakah kesuksesan dari empat tahun terakhir akan terus berlanjut atau tidak.


Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib