logo blog

10 Cara Mempromosikan Blog di Sosial Media


10 Cara Mempromosikan Blog di Sosial Media

Selain sebagai media hiburan, jejaring sosial yang kita kenal seperti Facebook atau Twitter juga berfungsi sebagai media promosi, baik secara personal maupun secara profesional. Salah satu bentuk media jejaring sosial yang dikenal adalah blog. Blog menjadi semacam ajang untuk menuangkan ekspresi seseorang melalui tulisan yang dapat dibaca oleh semua orang. 

Blog lebih menitikberatkan manfaat agar dapat menjadikan para blogger sebagai sumber informasi, pengetahuan, dan inspirasi bagi orang lain. Dengan menggabungkan ide dan tulisan menjadi sebuah wacana yang menarik, blog dinilai sebagai ajang untuk menunjukkan kreativitas.

Tidak dapat dipungkiri kalau Twitter, Facebook, StumbleUpon, atau Google+ merupakan alternatif bagi para pengguna untuk melakukan sharing. Ini artinya, jika kita pintar mengatur strategi terhadap media sosial maka akan memberikan banyak kesempatan untuk menarik pembaca baru dan pengikut barublogger.

Bagaimana cara memaksimalkan blog kita supaya sering dikunjungi dan dibaca oleh orang-orang? Simak 10 tips yang dapat membantu para blogger untuk mempromosikan blog dan menjelajahi dunia lebih luas melalui media sosial.

1. Tombol Social
Tampilkan icon-icon media sosial di bagian atas blog. Buat saja dengan tampilan sederhana namun mencerminkan nuansa blog anda. Hal ini akan memudahkan bagi para pembaca untuk meng-klik icon tersebut guna melakukan share.

2. Facebook Page
Buatlah Facebook Page untuk setiap blog, jika anda punya lebih dari satu blog. Dengan begitu Anda memiliki ruang blog tersendiri di Facebook. Selain kemungkinan kecil untuk diganggu teman dengan komen-komen tidak jelas, Anda juga dapat leluasa memposting tulisan yang baru saja Anda tulis di blog.

3. StumbleUpon
Untuk mendapatkan hasil yang baik dari platform media sosial, gunakanlah StumbleUpon. Ini merupakan browser alternatif dan Anda bisa mengirimkan posting blog Anda sendiri ke dalam sistem generate traffic.

4. RSS Feed
Masukkan RSS feed ke profil LinkedIn Anda dengan menggunakan aplikasi Blog Link supaya posting terbaru Anda ditampilkan di profil.

5. Pinterest
Tambahkan Pinterest agar memudahkan bagi pembaca untuk berbagi konten Anda di papan Pinterest mereka. Tampilkan ke papan, foto terbaik yang berhubungan dengan tulisan Anda dengan link ke posting blog yang relevan.

6. Shorlink
Gunakan shortlink. Anda bisa menggunakan shortlink lewat bit.ly, kelebihannya menggunakan bit.ly Anda akan tahu pada waktu kapan dan berapa banyak orang yang mengklik. Ini penting bagi Anda supaya memposting di jam-jam terbaik.

7. Username Blog
Bila memungkinkan, jadikan nama blog Anda sebagai username di Facebook, Twitter, StumbleUpon, Google+, dan lainnya. Dengan begitu, orang akan lebih mudah mengingat nama blog Anda sekaligus untuk mengoptimalkan pencarian keyword.

8. Grup Blogger Facebook
Bergabung dengan Group Blogger di Facebook. Carilah group-group blogger di Facebook yang cocok dengan Anda. Misalnya blog tentang kesehatan, blog tentang traveling, tentang teknologi, dan masih banyak lagi. Bisa jadi beberapa group blogger menjadi sumber daya yang ampuh untuk masalah blogging yang Anda temui.

9. Promosi Konten Lain
Promosikan juga konten blogger lain, jangan egois dengan hanya mempromosikan blog milik sendiri. Berikan balasan dan konten dari blogger yang berbagi dengan blog Anda.

10. Blogger Aktif
Jadilah blogger yang aktif di media sosial. Langkah ini cukup ribet dan menyita banyak waktu. Anda harus menjalin hubungan, mengikuti berita dan menemukan inspirasi untuk menulis postingan berikutnya.


Mau Artikel Gratis! Silahkan Tulis Email Anda.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2012. Rahasia - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib